Terpilih Ketum PBNU 2021-2026, Berikut Biografi Singkat Gus Yahya

Keterangan foto : KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya), Ketua Umum Terpilih Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Periode 2021-2026. (Foto/Panitia Muktamar)
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-LAMPUNG – Gus Yahya Cholil Staquf akhirnya terpilih menjadi Ketua PBNU periode 2021-2026 dalam Muktamar NU ke 34 di Lampung pada Jumat 24 Desember 2021. Sedangkan Rais Am PBNU KH Miftachul Akhyar.

Gus Yahya Cholil Staquf mengalahkan rivalnya petahana KH Said Aqil Siradj, dengan raihan suara Gus Yahya memperoleh 337 suara, KH Said Aqil Siradj telah memperoleh 210 suara.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Kiai Anwar Iskandar: Muktamar NU Harus Digelar Akhir Desember 2021
banner 1920x1080

Seiring menjadi Ketua PBNU terpilih, profil dan biodata terbaru Yahya Cholol Staquf (Gus Yahya) banyak dicari siapa sebenarnya Gus Yahya tersebut.

Gus Yahya merupakan kakak kandung dari Menteri Agama Yaqut Choilil Coumas. Gus Yahya sebenarnya sudah dikenal ketokohannya karena dia juga keponakan KH Mustofa Bisri atau Gus Mus, sekaligus beliau pernah menjadi juru bicara Presiden RI Ke-4, Abdurrachman Wahid.

Kalau dilihat dari garis keturunan Gus Yahya memang dilahirkan dan dibesarkan di kalangan para ulama Jawa terkemuka (ulama khos).

Berita Menarik Lainnya:  Kapolri Listyo Sigit Prabowo Copot Dirkrimsus Polda Metro Jaya

Jadi tentu saja pendidikannya soal agama begitu kental mulai dari masa kanak-kanak awal pendidikan formal dan spiritual pertama oleh ayahnya, kakek dan pamannya, dari keluarga Bisri yang terkenal dari Rembang, Jawa Tengah.

Selanjutnya dari KH Ali Maksum (1915-1989) dirumahnya sekaligus merupakan madrasah di Yogyakarta. Sementara KH Ali Maksum sendiri adalah murid langsung Syekh Umar Hamdan al-Makki (1858-1948) dan Syekh Hasan Masshat al-Makki (1900-1079).

Kalau dilihat dari kariernya sebenarnya Yahya Cholil Staquf masih orang dekat KH. Said Aqil. Jabatan KH. Yahya Cholil Staquf adalah katib ‘aam PBNU di bawah kepemimpinan KH. Said Aqil.
Di era Jokowi KH. Yahya Cholil Staquf menjadi bagian dari anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wtimpres) era Jokowi.

Berita Menarik Lainnya:  Pernyataan Kemenag Hadiah Untuk NU, Generasi Muda Konghucu Indonesia Bela Gus Yaqut

Inilah biodata resmi Ketua PBNU terpilih, Yahya Cholil Staquf atau lebih dikenal Gus Yahya

Tempat Lahir : di Rembang Jawa Tengah

Tanggal lahir : 16 Februari 1966

Ayah : Mohammad Cholil Bisri

Kakak Kandung : Yaqut Choilil Coumas

Pendidikan : Universitas Gadjah Mada, Pondok Pesantren Al-Munawwir

Demikian profil singkat dari Ketua PBNU Terpilih Yahya Cholil Staquf

banner 600x310

Pos terkait