Tari Kolosal Ngoyek Kupang Siswa SMPN 2 Candi Pecahkan Rekor MURI

Tari Ngoyek Kupang
Ribuan Siswa-Siswi SMPN 2 Candi Sidoarjo Saat Memperagakan Tari Kolosal Ngoyek Kupang Dihalaman Sekolah.

BERITABANGSA.COM-SIDOARJO– Tari kolosal ngoyek kupang yang diikuti 1.190 siswa siswi SMPN 2 Candi pagi tadi, Sabtu, (12/11/2022), berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri).

Rekor itu resmi tercatat di MURI yang ke 10.679. Piagam rekor Muri diserahkan Sri Widayati mewakili Muri kepada Kepala Sekolah SMPN 2 Candi Al Hadi selaku penyelenggara.

Bacaan Lainnya
banner 1920x1080

Termasuk kepada Ayu Nyoman Mujiwati selaku pencipta tari ngoyek kupang yang juga guru seni budaya di sekolah tersebut.

Berita Menarik Lainnya:  Gubernur Distribusikan 914.200 Dosis Vaksin Covid-19 Tahap Dua

Penyerahannya disaksikan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor serta Ketua TP PKK Kabupaten Sidoarjo Hajjah Sa’adah Ahmad Muhdlor.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor bangga atas capaian prestasi tersebut.

Menurutnya lewat tari ngoyek kupang akan semakin mengenalkan Kabupaten Sidoarjo akan potensi khasnya yakni makanan kupang.

Selain itu akan menguatkan kearifan lokal di Sidoarjo. Dikatakannya, local wisdom atay kearifan lokal harus terus dijaga.

Salah satunya dengan kegiatan yang dapat mengangkat dan mengingatkan kembali kearifan lokal Sidoarjo.

“Ini juga menjadi pembelajaran penting bagi generasi untuk tidak lupa sejarah dan mencintai daerahnya,”ucapnya.

Menurutnya kecintaan kepada daerah harus ada pada diri masyarakat Sidoarjo. Dengan kecintaan itu ia yakin pembangunan akan semakin maju. Pasalnya sumbangsih bagi pembangunan dilakukan dengan hati.

Berita Menarik Lainnya:  Rencana PSBB Surabaya Raya Berlaku 28 April 2020

“Semakin cinta generasi muda kepada daerahnya maka semakin besar kemajuan di daerah itu karena semua bekerja dengan hati,”ujarnya

Sri Widayati mengatakan pihak Muri juga mengapresiasi kegiatan di bidang seni budaya seperti ini. Apalagi kegiatan itu mengangkat kearifan lokal. Tercatat 1190 peserta tari dari siswa siswi dan alumni SMPN 2 Candi serta orang tua wali murid yang ikut.

“Sebuah kebanggaan tersendiri guru seni budaya SMPN 2 Candi dapat menciptakan tari ngoyek kupang seperti ini, harapan kami ide dan kreatifitas ini bisa menjadi contoh para guru yang ada di Kabupaten Sidoarjo,”sampainya.

Berita Menarik Lainnya:  6 Bahasan Komisi di Muktamar NU Siap Dibawa ke Munas PBNU

Sri Widayati juga mengatakan rekor kali ini tidak hanya tercatat sebagai rekor nasional. Namun juga sebagai rekor dunia. Rekor tari kolosal ngoyek kupang tersebut resmi tercatat sebagai rekor Muri ke 10.679 tahun ini.

“Pagelaran tari ngoyek kupang ini tidak hanya tercatat sebagai rekor nasional, namun oleh ketua Muri bapak Jaya Suprana dikukuhkan sebagai rekor dunia,”ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dipamerkan aneka olahan kupang yang dibuat juga oleh siswa siswi SMPN 2 Candi. Selain itu juga terdapat kerajinan tangan dari kulit kupang hasil kreasi pelajar SMPN 2 Candi.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *