Sepanjang 2021, Kriminalitas Naik, Puluhan Ribu Pil Koplo Disita

Press Conference Akhir tahun 2021 di Mapolres Bondowoso, Kamis (30/12/2021) | Foto: Muslim
Press Conference Akhir tahun 2021 di Mapolres Bondowoso, Kamis (30/12/2021) | Foto: Muslim
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-BONDOWOSO – Sepanjang tahun 2021, Kepolisian Resort Bondowoso mencatat kasus kriminalitas di wilayah hukumnya meningkat.

Selama kurun 12 bulan pada 2021 terdapat 660 kasus. Dibanding pada 2020 hanya 493 kasus. Terjadi peningkatan sebanyak 167 kasus.

Bacaan Lainnya
Ads

Kepala Kepolisian Resort Bondowoso, Ajun Komisaris Besar Polisi Herman Priyanto, kasus kriminalitas di bumi Ki Ronggo beragam. Mulai dari kasus curanmor, curat, sampai penipuan.

Berita Menarik Lainnya:  Layanan Perpanjangan SIM Gratis dan Vaksinasi pada Korban Semeru

“Kasus pencurian kendaraan bermotor mengalami peningkatan yang signifikan. Yakni, dari lima kasus di tahun 2020, meningkat jadi 61 kasus tahun 2021,” bebernya, Kamis (30/12/2021).

Disinggung tentang peningkatan kasus curanmor, Kepala Polres Herman menyebutkan modus pencurian motor sendiri yakni merusak kunci kendaraan bermotor.

Sasarannya baik dicuri di parkiran, pasar, hingga ladang yang mayoritas atau 70 persen terjadi di kawasan perkotaan.

“70 persennya terjadi di wilayah Kota. Artinya ada di parkiran dan lain sebagainya. Sisanya ada di kampung-kampung, di persawahan ketika berladang,” urainya.

Pihaknya menduga tingginya kasus pencurian motor ini juga merupakan adanya sindikat dari luar Kabupaten.

Berita Menarik Lainnya:  Sepanjang 2021, Ada 658 Warga Binaan Lapas Dapat Remisi

Pasalnya, sejumlah pelaku yang ditangkap tak hanya warga lokal, melainkan juga warga dari Kabupaten tetangga.

“Memang curanmor jadi atensi kita semua. Artinya mobilitas kita semakin terbuka dengan Kabupaten sebelah. Sehingga ada kemungkinan jaringan di sana itu melebarkan sayapnya ke sini,” ujarnya.

Sebagai bentuk preventif sendiri, pihaknya terus meningkatkan patroli gabungan, blue light, serta kring Serse.

Selain itu, pihaknya juga akan mendorong Pemerintah Kabupaten agar meningkatkan digital security di Bondowoso.

“Itu juga perlu kerjasama dengan semua lini. Karena salah satu yang tertangkap di sini itu kan ada bantuan juga dari kamera CCTV,” tuturnya.

Berita Menarik Lainnya:  Polres Lamongan Ungkap Kasus Tindak Kekerasan di Muka Umum

Kemudian kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dari 15 kasus meningkat juga menjadi 26 kasus. Begitupun dengan kasus penganiayaan, meningkat dua kali lipat menjadi 20 kasus.

“Dari kasus itu terjadi trend penyelesaian kasus tindak pidana terjadi penurunan dari 76 persen di tahun 2020. Menjadi 76 persen di tahun 2021,” urainya.

Sedangkan untuk kasus narkoba, ada total 22.737 butir pil koplo yang berhasil diamankan. Kemudian, 106,24 gram ganja serta 193,95 gram sabu-sabu.

“Namun dari semua kasus tersebut sudah  selesai ditangani. Untuk penggunanya tersangka menyasar pengguna remaja di Bondowoso,” pungkasnya.

Pos terkait

banner 768x1152