Polwan Kebanggaan Probolinggo Naik Pangkat Jadi Irjen, Jabat Wakapolda Kalteng

Foto: Irjen Ida Oetari Poernamasasi yang saat ini menjabat sebagai Wakapolda Kalteng | Humas Polda Kalteng
Foto: Irjen Ida Oetari Poernamasasi yang saat ini menjabat sebagai Wakapolda Kalteng | Humas Polda Kalteng
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM – PROBOLINGGO – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan surat telegram ihwal kenaikan pangkat terhadap sejumlah perwira tinggi (Pati) Polri.

Hal itu tertuang dalam telegram Nomor: STR/637/VIII/KEP./2022 dan Nomor: STR/638/VIII/KEP./2022 yang ditandatangani As SDM Polri atas nama Kapolri, 30 Agustus 2022.

Bacaan Lainnya
banner 1024x1366

Dari sejumlah perwira yang naik pangkat, ada salah satu Polwan kebanggaan Kota Probolinggo, Jawa Timur yakni, Irjen Ida Oeatari Poernamasari yang menjabat Wakapolda Kalimantan Tengah (Kalteng).

Selain Irjen Ida Wakapolda Kalteng, yang naik pangkatnya ada Polwan Brigjen Siti Masitah Handayani, di Irbidjemensdm II Itwil IV Itwasum Polri.

Data Beritabangsa, wanita yang berasal dari Jalan Cokroaminoto, Gang Meranggi, Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran Probolinggo ini, kini pangkatnya setara Kapolda, Inspektur Jenderal.

Berita Menarik Lainnya:  Ratusan Knalpot Brong Hasil Sitaan Dimusnahkan

Irjen Ida, adalah putri pertama pasangan Loekito (83) dan Titik Poernomowati (75) yang lahir 1964. Menariknya, dia bukan berasal dari keluarga militer.

Irjen Ida menyelesaikan pendidikan dasarnya di Taman Siswa, lalu SMPN 1 Probolinggo dan SMAN 1 Probolinggo. Selama menempuh pendidikan di SMAN 1 Probolinggo dia aktif mengikuti organisasi.

Informasi dari Bidhumas Polda Kalteng, Irjen Pol Ida Oetari Purnamasasi adalah polisi wanita (Polwan) kelahiran Probolinggo 1964.

Lulusan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) 1987 itu mulai berkarir di Polda Jawa Timur sebagai anggota Unit Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA).

Setelah di PPA jabatan lain di institusi Polri selama 17 tahun dijabat. Irjen Ida pernah bertugas di Badan Narkotika Nasional (BNN). Selama 3 tahun di BNN, ia menjabat sebagai direktur bagian rehabilitasi BNN.

Atas sejumlah prestasi pada setiap jabatan yang diamanahkan kepadanya, pada tahun 2013, Ida Oetari mendapatkan pangkat bintang satu atau Brigadir Jenderal Polisi. Pada saat itu, ia berusia 49 tahun dan menjadi Polwan termuda yang mendapat pangkat Brigjen.

Berita Menarik Lainnya:  Hearing Komisi A DPRD Jombang Soal Polemik KDAW Desa Kedungbetik Panas

Sebelum ditunjuk sebagai Wakapolda Kalteng, Irjen Pol Ida Oetari Purnamasasi menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama bidang Gadikwa Lemdiklat Polri. Ia turut dalam rombongan uji kelayakan dan kepatutan Jenderal Listyo Sigit sebagai calon Kapolri di DPR RI beberapa waktu lalu.

Irjen Ida, merupakan wanita Indonesia pertama yang jadi Ketua Konferensi IAWP ( International Association of Women Police).

Pengumuman kenaikan pangkat Irjen Ida Oetari Poernamasari, disampaikan Mabes Polri. Ada 12 perwira tinggi (Pati) Polri yang naik pangkat.

“Pertama Wakapolda Kalteng Ida Oetari Poernamasari naik pangkat dari brigadir jenderal (Brigjen) menjadi inspektur jenderal (Irjen),” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo di Jakarta, Rabu, (31/09/2022) yang dikutip dari Antara.

Selain kedua Polwan tersebut, terdapat 12 pati lain yang mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi.

“Kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi ini berdasarkan wujud pengabdian dari para anggota Korps Bhayangkara,” kata Dedi.

Berikut rincian 12 pati Polri yang mendapat kenaikan pangkat :

Berita Menarik Lainnya:  Rusak Diterjang Banjir, Perbaikan 2 Jembatan Butuh Rp.10 Miliar

1. Brigjen Tavip Yulianto jabatan Irbidjemenopsnal II Itwil V Itwasum Polri (Pengabdian terhitung mulai tanggal 1 September 2022).

2. Brigjen Kilat Purwoyudo jabatan Kalemdianmas Waketbidkermadianmas STIK Lemdiklat Polri (Pengabdian terhitung mulai tanggal 1 November 2022).

3. Komjen Tomsi Tohir jabatan Pati Sahli Kapolri (penugasan pada Kemendagri).

4. Irjen Didik Agung Widjanarko jabatan Pati Bareskrim Polri (penugasan pada KPK).

5. Brigjen Rahmat Hidayat jabatan Pati Lemdiklat Polri (penugasan pada BIN).

6. Brigjen Gupuh Setiyono jabatan Karoprovos Divpropam Polri.

7. Brigjen Agus Rohmat jabatan Pati Itwasda Polda DIY (penugasan pada BNN).

8. Brigjen Agus Wijayanto jabatan Karowabprof Divpropam Polri.

9. Brigjen Awang Joko Rumitro jabatan Pati Itwasda Polda Bali (penugasan pada BNN).

10. Brigjen Eko Widianto jabatan Pati Baintelkam Polri (penugasan pada BIN).

11. Brigjen dr. Farid Amansyah jabatan Pati Pusdokkes Polri (penugasan pada BNN).

12. Brigjen Umar Surya Fana jabatan Pati Sops Polri (penugasan pada BIN).

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280