Indahnya Kebersamaan, Kapolres Jombang Penuhi Permintaan Tahanan, Bukber dengan Menu Spesial

Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat ketika memberi menu spesial bukber kepada tahanan di Rutan Polres Jombang
Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat ketika memberi menu spesial bukber kepada tahanan di Rutan Polres Jombang
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-JOMBANG- Senyum rancak menyembul di wajah seluruh penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Polres Jombang. Betapa tidak. Permintaan mereka dipenuhi Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat, yakni buka puasa bersama dengan sajian menu spesial, Selasa (26/4/2022).

Suasana hari itu benar-benar berbeda dari biasanya. Di rutan yang biasanya pengap dan sempit, kini terasa lebih bersih, lapang dan terasa luas.

Bacaan Lainnya

Bahkan suasana khidmat dan tenang pun menyelimuti seluruh ruangan, di Mapolres Jombang ini.

Hal itu setelah para penghuni rutan sejak sore sudah membaca ayat-ayat suci Alquran. Suaranya menggema mengisi ruang-ruang yang kosong dan mendamaikan batin.

Berita Menarik Lainnya:  Sssttt....Kapolda Ngobrol Penting dengan Kabinda Soal Jatim

Rupanya itulah rangkaian kegiatan tak terduga yang dilakukan Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat.

Diawali tadarusan bersama, kemudian dilanjutkan buka puasa bersama dengan para tahanan, hingga diakhiri dengan tausiyah singkat dan doa bersama.

Puluhan warga tahanan setempat tampak terlihat bersih dan rapi. Begitu pula saat menyantap menu makanan buka bersama, wajah sumringah memancar di raut mereka. Tidak sedikit dari mereka ada yang berurai air mata dan berkaca-kaca.

Apa menu spesial yang disajikan Kapolres ?

Tak lain adalah sate kambing dengan kuah gulai. Itulah menu spesial buka bersama kali ini.

Bahkan para tahanan juga disuguhi takjil makanan sehat dan minuman segar.

Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat mengatakan menu spesial itu disiapkan untuk memenuhi permintaan para tahanan.

Ads

“Iya, menu ini sesuai permintaan para tahanan. Karena kita ingin membahagiakan saudara kami yang sedang menjalani masa penahanan ini. Jumlahnya kurang lebih 44 orang tahanan, termasuk anak-anak dan juga perempuan,” ujar Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat.

Berita Menarik Lainnya:  Pemda Lebong Ratas Percepat Serapan APBD 2022

Cara Polres Jombang Bangun Kepercayaan

Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat serta jajarannya saat diwawancarai awak media
Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat serta jajarannya saat diwawancarai awak media

Kapolres Jombang memastikan acara dimaksud, bukan dari perorangan. Melainkan sudah menjadi cara Polres Jombang untuk membangun kepercayaan dan kepedulian.

“Kami ingin membangun trust, karena kami menegakkan hukum ini bukan karena keinginan pribadi, tapi karena ada aturan hukum sehingga kami menjalankan dan melakukan penegakkan hukum,” cetusnya.

Ads

Dengan demikian pihaknya menyampaikan agar para tahanan tidak pernah membenci profesi polisi. Sebab kata AKBP Moh Nurhidayat, hubungan manusia dalam ukhuwah basariah atau hubungan sesama manusia, tidak pernah melihat selalu di atas. Lanjutnya, dikarenakan semuanya sudah tergantung di Yaumil Akhir (hari pengakhiran).

“Makanya, mereka pun menyadari bahwa kami dalam menegakkan aturan, yang kita berantas adalah perbuatannya yang telah melawan hukum,” kata AKBP Nurhidayat.

Berita Menarik Lainnya:  Kadiv Propam Polri Beri Reward Anggota Kinerja Terbaik

Kapolres berpesan kepada mereka agar di bulan Ramadan ini dijadikan sarana untuk berlomba-lomba meraih pahala dan ampunan dari Allah SWT, serta introspeksi diri atas perbuatan-perbuatan yang telah dilakukan sehingga dapat menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

“Usai melaksanakan buka puasa bersama, mereka melaksanakan salat Maghrib berjamaah di dalam ruang besuk tahanan,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan di lokasi, acara buka bersama tetap berlangsung dengan mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan ini berjalan dengan aman dan lancar. Selain Kapolres Jombang dengan para tahanan, turut hadir dalam acara diantaranya para Kabag, Kasat dan Kasi Polres Jombang.

banner 1024x730

Pos terkait

banner 800x800