Amankan Mudik Lebaran, Polres Probolinggo Gelar Apel Pasukan hingga Siapkan Posko

Polres Probolinggo gelar apel pasukan hingga bentuk posko pelayanan guna mengantisipasi mudik lebaran
Polres Probolinggo gelar apel pasukan hingga bentuk posko pelayanan guna mengantisipasi mudik lebaran
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-PROBOLINGGO – Polres Probolinggo menggelar apel pasukan Operasi Ketupat Semeru 2022 dengan tema melalui “apel gelar pasukan operasi Ketupat 2022, wujud sinergi Polri dengan instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H.”

Apel dipimpin langsung Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, dan diikuti oleh Wakapolres Probolinggo, PJU dan Kapolsek jajaran, serta seluruh anggota yang terlibat dalam Operasi Ketupat Semeru 2022 di halaman Mapolres Probolinggo, Jumat (22/4/2022) pagi.

Bacaan Lainnya

Dalam arahannya, Kapolres Probolinggo meminta kepada anggotanya agar mengantisipasi kemacetan selama mudik lebaran 2022, mengingat tahun ini mudik kembali diperbolehkan setelah dua tahun pemerintah melarang mudik dikarenakan terjadi pandemi Covid-19.

Berita Menarik Lainnya:  Kapolres Tanjung Perak Pimpin Apel Pengamanan Tahun Baru 2022

“Tidak terasa sudah dua tahun ini tidak ada mudik. Ini adalah tahun ketiga dan saat ini pemerintah telah memberikan izin terkait mudik sehingga animo minat masyarakat untuk mudik cukup besar dan hal ini harus kita antisipasi bersama,” kata Kapolres Probolinggo.

Kemacetan itu telah diprediksi oleh Polres Probolinggo mengingat jalan tol terakhir menuju arah pantura yakni pintu keluar tol Leces, Kabupaten Probolinggo.

Oleh karena itu, Operasi Ketupat yang semestinya dilaksanakan mulai 28 April 2022, dimajukan 22 April 2022 dengan nama kegiatan rutin yang ditingkatkan.

Ads

“Jadi saya minta mulai hari ini rekan-rekan yang sudah ditempatkan di pos nya masing-masing agar segera berkoordinasi dengan dinas terkait agar dapat memberikan pelayanan dalam hal kelancaran bagi para pengendara,” tutur Kapolres Probolinggo

Berita Menarik Lainnya:  E-Tilang Sistem Statis dan Dinamis Diberlakukan di Kota Probolinggo

Lebih lanjut, Teuku Arsya menambahkan jika Polres Probolinggo tidak hanya menyiapkan posko pengamanan melainkan juga telah menyiapkan posko pelayanan yang nantinya dapat digunakan para pemudik untuk beristirahat.

Di posko pelayanan itu, nantinya disiapkan beberapa minuman dan makanan ringan yang dapat dinikmati oleh para pemudik.

Ads

“Di setiap posko nantinya ada anggota yang ditugaskan untuk mengatur arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan dan anggota kesehatan yang dapat memeriksa kondisi para pemudik,” ucap Arsya Kadhafi.

Dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2022 di wilayah hukum Polres Probolinggo, jumlah personel yang dilibatkan sebanyak 254 personel gabungan terdiri atas 150 personel Polri, 18 personel TNI serta 86 personel instansi terkait lainnya seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, PMI, Senkom, Orari dan Damkar.

Berita Menarik Lainnya:  Bekali Personel Cakap Hadapi Bencana, Terorisme dan Radikalisme

Personel tersebut ditempatkan pada 3 posko yang terdiri dari 2 posko pengamanan (di KM145 Kecamatan Paiton dan KM124 Kecamatan Kraksaan) dan 1 posko pelayanan (di KM113 Exit Tol Leces) untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan pelayanan kamseltibcar lantas.

Selain itu, Kapolres Probolinggo juga mengimbau kepada para pemudik untuk disiplin protokol kesehatan (prokes) dan berhati-hati saat berkendara.

“Untuk para pemudik agar menjaga prokes dan lebih berhati-hati saat berkendara. Risiko kecelakaan bukan hanya berpotensi terjadi pada diri sendiri, tapi juga pengguna jalan lain. Jika tubuh sudah mulai merasa lelah dan mengantuk, sebaiknya segera beristirahat,” tandasnya.

banner 1024x730

Pos terkait

banner 800x800