Ketua DPP DMI Jusuf Kalla: DMI, Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid

H. M Jusuf Kalla Ketua DMI Pusat, didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam Rakerwil ke-1 DPW DMI di Hotel Singgasana Surabaya, Senin (20/12/2021) | Foto: Humas Pemprov Jatim
H. M Jusuf Kalla Ketua DMI Pusat, didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam Rakerwil ke-1 DPW DMI di Hotel Singgasana Surabaya, Senin (20/12/2021) | Foto: Humas Pemprov Jatim
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-SURABAYA – Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) H. M Jusuf Kalla mengatakan, visi dari DMI adalah memakmurkan dan dimakmurkan masjid.

Ada tiga kelompok yang memakmurkan masjid. Pertama, orang yang membangun masjid. Kedua, orang yang mengurus masjid baik Imam dan pengurus masjid, dan ketiga yakni jamaah masjid.

Bacaan Lainnya

“Jika ingin memberdayakan ekonomi jamaah. Jangan ada ketimpangan. Walaupun umat Islam di sini mayoritas tapi secara ekonomi masih jauh. Untuk itu kita harus terus meningkatkan ekonomi umat sebaik – baiknya. Bagaimana masjid bisa membantu ekonomi umat,” ujarnya saat menghadiri Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) ke-1, DMI Provinsi Jatim 2021 di Hotel Singgasana, Surabaya, Senin (20/12/2021).

Berita Menarik Lainnya:  Pengurus PBNU 2022-2027 Resmi Dikukuhkan

Kata Jusuf Kalla, masjid jangan hanya bicara aqidah atau tausyiah, tapi juga muamalah.

Muamalah salah satunya seperti pengembangan industri halal. Dimana jamaah tidak hanya mendapat ceramah atau tausyiah terkait ibadah tapi juga soal pemberdayaan ekonomi.

“Dari sekitar 43 ribu masjid di Jatim kalau rata – rata seribu sampai dua ribu orang datang salat Jumat berarti hampir 40 juta orang tiap salat Jumat mendengarkan ceramah bagaimana memberdayakan ekonomi, memakmurkan dan dimakmurkan masjid. Jangan sampai masjidnya megah dan indah tapi di sekitarnya banyak yang kurang mampu,” katanya.

Berita Menarik Lainnya:  Viralnya Siti Fadilah yang Mengungkap Konspirasi Virus Corona dan WHO

“Kemudian juga bagaimana masjid, dan membangun masjid. Jadi bagaimana bila 1 persen dari kotak amal suatu masjid digunakan untuk membantu masjid yang lain. Jadi sekali lagi tidak hanya kita memakmurkan masjid tapi bagaimana masjid juga memakmurkan sekitarnya,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Pimpinan Wilayah DMI Jatim, KH. M. Roziqi, MM mengatakan bahwa Rakerwil kali ini bertema Masjid sebagai pusat pemberdayaan ekonomi jamaah dan benteng NKRI.

Melalui tema ini, DMI siap menjaga NKRI salah satunya dengan menjaga masuknya paham radikalisme dan terorisme masuk masjid.

Tidak hanya itu, ia juga menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang memiliki kepedulian sangat besar terhadap komunitas masjid.

Berita Menarik Lainnya:  Kapolsek Asemrowo Hadiri Vaksinasi Lansia

Di mana Gubernur Khofifah setiap tahun memberikan uang kehormatan kepada para Imam masjid di Jawa Timur.

“Mulai 2019 sampai 2021 para imam masjid diberi uang kehormatan masing-masing Rp. 2 juta rupiah per tahun yang jadi stimulan dan penyemangat bagi para imam dalam menggiatkan masjid di tanah air,” pungkasnya.

Di sela Rakerwil ini Gubernur Khofifah turut menyerahkan santunan uang kehormatan Imam Masjid kepada 10 orang perwakilan Imam masjid yang ada di Jatim.

Turut hadir Sekjen PP DMI Dr. Imam Addaruqutni, Ketua PMI Jatim H. Imam Utomo, Plh. Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, para Imam masjid di Jatim serta beberapa Kepala OPD Pemprov Jatim.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280