Ibadah Haji 2020, Kementerian Agama: Usul Ditiadakan Jika Belum Ada Keputusan Dari Kerajaan Arab Saudi

Jakarta, Beritabangsa.com – Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama mengusulkan ibadah haji 2020 ditiadakan jika hingga akhir Mei 2020 mendatang belum ada keputusan dari Kerajaan Arab Saudi.

Hingga sampai akhir Mei 2020, misalkan dari Kerajaan Arab Saudi belum memberi informasi atau kejelasan, maka kami mohon pada para calon jama’ah haji untuk memutuskan untuk tidak berangkat,” jelas Nizar Ali Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, dalam rapat kerja dengan Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat secara virtual, Rabu (15/4/2020).

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Dibuka Menaker, Ahimsa Indonesia Jawa Timur Apresiasi Indonesia Digital Entrepreneurship
banner 1920x1080

Lanjut Nizar beralasan, Kementerian memerlukan cukup waktu untuk menyiapkan keberangkatan jemaah haji pada akhir Juli. Serta meminta setidaknya ada jangka waktu 25 hari dari keputusan hingga keberangkatan jemaah haji ke Tanah Suci.

Nizar mengatakan, menurut informasi hingga pukul 14.00 hari ini, hotel-hotel bintang lima di Mekah pun digunakan untuk mengkarantina warga negara Arab Saudi yang baru tiba dari luar negeri.

Berita Menarik Lainnya:  Gubernur Khofifah Ajak Fotografer Promosikan Beauty Bromo pada Dunia

Selain itu, kami dapat info dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi juga memperkirakan umrah Ramadan akan ditiadakan,” imbuh Nizar.

Kementerian Agama, Saudi sudah berindikasi mengeluarkan edaran agar masyarakat Mekah tarawih di rumah masing-masing saat Ramadhan nanti.

Nizar menyarankan agar travel Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah melakukan penjadwalan ulang jika sudah ada masyarakat yang mendaftar umrah Ramadan,” terangnya.

Berita Menarik Lainnya:  Hore ! Jawa Timur Terbebas dari Desa Tertinggal dan Sangat Tertinggal

Kemenag Indonesia berharap semoga segera ada keputusan resmi dari Kerajaan Arab Saudi terkait penyelenggaraan haji 2020 ini. Kementerian Haji dan Umrah Saudi saat ini tengah mengkaji hal itu dan menyatakan akan menyampaikan keputusan pada akhir bulan ini.

Semoga akhir bulan April 2020, ada progres dari Arab Saudi serta sudah ada keputusan dan informasi terupdate,” pungkasnya.

Reporter : Sholeh

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *