Hari Pahlawan Nasional, Wakil Ketua DPRD Jombang Gus Farid Ajak Pemuda Menginspirasi Jihad KH Hasyim Asy’ari

Keterangan foto: Wakil Ketua DPRD Jombang fraksi PPP, Farid Al Farisi.
Silahkan Share ke :

Beritabangsa.com, Jombang – Dalam memperingati Hari Pahlawan Nasional, salah satu tokoh Nahdlatul Ulama (NU) di Jombang yang juga Wakil Ketua DPRD Jombang fraksi PPP, Farid Al Farisi menjelaskan bahwa pentingnya bagi pemuda di Jombang memahami jihad Hadratus Syekh KH Hasyim Asy’ari.

Hal itu dikarenakan menurutnya, Peringatan Hari Pahlawan tak lepas dari sejarah dan peristiwa dikeluarkannya Fatwa Jihad oleh Hadratussyaikh, KH Hasyim Asy’ari dari Pondok Pesantren Tebuireng, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Pasokan Oksigen di RS Surabaya Masih Aman dan Mencukupi
banner 1920x1080

“Terutama arek-arek Jombang, Suroboyo dan sekitarnya yang dimotori oleh Bung Tomo pada peperangan melawan Belanda dan sekutunya yang puncaknya terjadi pada tanggal 10 November 1945 yang lalu,” ujarnya kepada awak media, Rabu (10/11/2021).

Kemudian untuk di Kabupaten Jombang sendiri, ulama yang kerap disapa Gus Farid itu menjelaskan sempat menjadi batas barat dari radius Jihad Fii Sabilillah melawan penjajah pada peristiwa tersebut.

“Semangat seluruh pahlawan yang telah gugur mendahului kita semoga tetap menjadi inspirasi dan penyemangat bagi kita semua, terutama para generasi muda untuk berbuat yang positif dalam rangka menjaga dan membangun bangsa ini,” jelasnya pria yang juga menjabat Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jombang.

Berita Menarik Lainnya:  Proyek Drainase di Tejo Jombang Diduga Dikontraktualkan

Pahlawan Sebagai Inspirasi menjaga dan membangun bangsa

Melanjutkan, Gus Farid mengisahkan jika pengorbanan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang diproklamirkan Bung Karno dan Bung Hatta pada 17 Agustus 1945 tak bisa digantikan dengan apapun.

“ini yang perlu kita angan-angan bersama. Jika belum, harusnya setiap hal yang kita dilakukan, baik di roda pemerintahan maupun di luar pemerintahan, berujung pada kedaulatan Bangsa Indonesia di atas tanah airnya sendiri,” bebernya.

Berita Menarik Lainnya:  Ketua DPP DMI Jusuf Kalla: DMI, Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid

Sementara itu, ia juga menyampaikan jika di masa pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, pihak-pihak yang diberikan kelebihan oleh Tuhan Yang Maha Esa dalam hal rezeki, agar membantu orang-orang yang kekurangan atau terdampak di masa pandemi Covid-19.

“Kita tahu pandemi Covid-19 yang terjadi selama kurang lebih dua tahun terakhir ini meluluhlantakkan sendi-sendi perekonomian. Mari kita bantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Dengan begitu, kita juga berbuat lebih baik untuk bangsa kita, seperti cita-cita luhur para pahlawan,” pungkasnya.

banner 600x310

Pos terkait