DPC Petanesia Batang Dilantik, Sekretaris: Petanesia Bukan Parpol, dan Tidak Berafiliasi

Letkol Arh Yang Eka Putra saat menandatangani SK pengurus DPC Petanesia di tengah-tengah pelantikan, Senin (20/12/2021) | Foto: Suroto
Letkol Arh Yang Eka Putra saat menandatangani SK pengurus DPC Petanesia di tengah-tengah pelantikan, Senin (20/12/2021) | Foto: Suroto
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-BATANG – Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pecinta Tanah Air Indonesia (Petanesia) Kabupaten Batang, Ali Rohman mengingatkan kembali komitmen ikrar dan sumpah pengurus, bahwa Petanesia berdiri di atas semua golongan dan sebagai penjaga NKRI.

Selain bukan lembaga partai politik, Petanesia tidak akan berubah menjadi parpol atau berafiliasi dengan parpol tertentu.

Bacaan Lainnya

Bahwa Petanesia juga dilahirkan untuk mengemban misi tugas mengeliminasi isu pemecah belah bangsa di mana saja terutama di dunia maya media sosial.

Kata Ali, Petanesia dalam berkegiatan selalu terkonsep dan lebih mengedepankan pada misi sosial.

“Bahkan jangan sampai ada konflik terjadi sehingga dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggungjawab, yang menggunakan media agama, suku atau golongan untuk memecah belah persatuan organisasi dan bangsa,” tegasnya, usai acara dilantik bersama Ketua DPC Petanesia Musthofa, di Pendapa Kantor Bupati Kabupaten Batang, Senin (20/12/2021) malam.

Berita Menarik Lainnya:  Disebut Semua Fraksi DPRD Bondowoso Satu Suara, Ini Kata Sekretaris PPP

Ali Rohman juga menegaskan akan teguh memegang visi dan misi serta arahan dari penggagas Petanesia Habib Luthfi bin Yahya, bahwa Petanesia tidak akan pernah berubah menjadi partai politik dan tidak akan berafiliasi ke partai politik manapun.

Ia memastikan seluruh organisasi kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Batang dapat bergabung ke dalam Petanesia, tanpa memandang suku, agama, etnis maupun latar belakang politik.

Lanjut Ali Rohman, utamanya jajaran struktural organisasi dilarang keras acuh dan membiarkan peluang terciptanya isu – isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa, termasuk yang ada di media sosial.

“Kita ada bidang pemantau media sosial yang sudah terbentuk dari para pegiat medsos, dan kalangan yang aktif di media. Kita sudah beri sarana. Nantinya jika ada isu-isu hangat yang sedang dibahas di medsos, kami coba untuk menjadi penengah,” bebernya.

Berita Menarik Lainnya:  Menjadi Berkah, Pesanan Pengrajin Tasbih Asal Jombang Tembus Mancanegara

Hanya saja dia mengakui untuk Divisi Advokasi masih sangat terbatas, namun beberapa pihak seperti Gerakan Pemuda Ansor dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang ada di Batang telah bermitra dengan Petanesia.

Saat ini jajaran struktural DPC Petanesia, mulai dari Dewan Fatwa Kebangsaan (DFK), Pengurus Harian, Kepala Bidang dan Divisi berjumlah 125 orang.

Pasca dilantik, lanjut Ali, program pertamanya adalah membentuk Pengurus Anak Cabang (PAC) di seluruh Kecamatan, di mana embrio pengurus sudah siap.

Menariknya kata Ali, dalam kepengurusan DFK Petanesia, diisi dari kalangan muslim maupun nonmuslim, ada lima orang pendeta salah satunya pendeta Stevanus Yadi, dan unsur penghayat kepercayaan.

Sementara itu, Bupati Batang Wihaji mengatakan, dengan hadirnya Petanesia di Batang, akan sangat membantu pemerintah untuk membina generasi muda lebih mencintai negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Perkembangan Petanesia di Batang sungguh sangat cepat. Tapi yang utama menjaga persatuan dan kesatuan menjadi hal paling penting. Dan Petanesia menjawab tantangan itu dengan berupaya menjaga dengan kesungguhan hati,” tegasnya.

Berita Menarik Lainnya:  Jelang Muktamar NU ke- 34, Ini Harapan Gus Billy, Cicit KH Hasyim Asy'ari

Ia memastikan, tugas utama Petanesia yaitu berbakti kepada negara dengan program kerja yang mendukung kemajuan bangsa.

“Petanesia juga harus loyal kepada negara supaya tidak mudah terpecah belah dan jangan pernah berkhianat kepada negara,” tandasnya.

Acara pelantikan pengurus DPC Petanesia kali ini dihadiri Bupati Batang Wihaji, Dandim 0736/Batang Letkol Arh Yan Eka Putra, Kapolres Batang AKBP M Irwan Susanto, Pengurus DPW PETANESIA KH Mohamad Munif (Gus Munif), Ketua DPP Petanesia Eko Priyono, Ketua DPC Petanesia Batang Mustofa, Ketua DPRD Batang Maulana Yusup, Ketua MUI Batang KH Zaenal Iroqi, Sekda Batang Dra Lani Dwi Rejeki, Ketua Majelis Toriqoh Batang KH Zaenal Mutakin, Kepala OPD Pemkab Batang dan tamu undangan.

Pasca dilantik Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pecinta Tanah Air Indonesia (Petanesia) Kabupaten Batang kini memiliki tugas utama untuk menjaga kebhinekaan yang telah dirajut lama oleh para pendiri bangsa.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280