Diskominfo Asahan Gelar Bimtek Pendokumentasian via Fotografi dan Videografi 2022

Diskominfo Asahan Gelar Bimtek Pendokumentasian via Fotografi dan Videografi 2022
Kominfo Asahan poto bareng gelar bintek pendekumentasian melalui fotografi dan vidiografi
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-ASAHAN-Bupati Asahan diwakili Asisten Pemerintahan Buwono Prawana, SIP, MSi membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis pendokumentasian kegiatan pemerintah daerah melalui fotografi dan videografi 2022, di Aula SKB Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan, Kamis (17/03/2022).

Hadir dalam acara pembukaan bimtek, narasumber dari Ketua harian Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia (APFI) Pusat, Fajar Saputra Ginting, Pengurus Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia (APFI) Sumatera, Falti Siregar, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan, Syamsuddin, dan Kabid komunikasi media cetak dan elektronik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan, Arbin Ariadi Tanjung.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Bupati Asahan yang diwakili Asisten Pemerintahan Buwono Prawana, menyampaikan saat ini memperoleh informasi merupakan hak asasi setiap manusia. Keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.

Berita Menarik Lainnya:  Gubernur Jatim Buka Musywil II IKA PMII Jatim dan Dapat Penghargaan

Pemberlakuan Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik adalah momentum penting untuk mendorong keterbukaan informasi di Indonesia, pun juga di Kabupaten Asahan.

“Saat ini salah satu cara untuk menyebarluaskan informasi yang dianggap cukup menarik adalah melalui media foto dan video. Maraknya media sosial menjadi salah satu bentuk kebangkitan kembali dunia fotografi dan videografi. Dengan adanya media sosial yang bervariasi bisa mengakomodasi foto dan video sebagai media informasi, promosi, dokumentasi bahkan bisnis. Karenanya kemampuan di bidang fotografi dan karena dibutuhkan semakin menjadi videografi merupakan alat yang dapat digunakan sebagai media berekspresi,” tegas Buwono.

Ads

Dalam laporannya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Asahan, Syamsuddin, menyampaikan bahwa latar belakang pelaksanaan kegiatan bimtek ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan SDM yang memiliki kompetensi di bidang fotografi dan videografi yang mumpuni untuk mendukung penyebarluasan informasi, dokumentasi dan promosi daerah.

Berita Menarik Lainnya:  Sinergi dengan TNI, Kemendag Perkuat Stok Migor ke Wilayah Indonesia Timur

Hal itu juga didukung dengan program rencana aksi Pemkab Asahan yang dicetuskan oleh Bupati Asahan untuk meningkatkan kualitas sumberdaya aparatur pemerintah.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari, dan peserta kegiatan ini berjumlah 60 (enam puluh) orang yang terdiri dari perwakilan dari setiap OPD dan Kecamatan yang ada di Kabupaten Asahan,” tegas Syamsuddin.

Ads

Terlebih penyajian informasi secara visual, dalam pembentukan opini publik berperan besar sehingga fotografi dan videografi dapat bertanggung jawab dalam pembentukan masyarakat yang ideal. Fotografi dan videografi juga memiliki peran yang cukup besar dalam menunjang fungsi publik relasi atau kehumasan.

“Untuk itu, setiap OPD membutuhkan aparatur yang memiliki skill dan pemahaman yang lebih di bidang fotografi dan videografi yang berperan dalam menyampaikan informasi tentang OPD terkait kepada masyarakat secara akurat dan menarik, akan tetapi dari beberapa kelebihan fotografi tersebut, dapat menjadi bumerang bagi pengunggah foto atau video, bila foto atau video yang dihasilkan tidak baik, maka pesan yang disampaikan akan memiliki penafsiran yang berbeda bagi masyarakat yang melihat,” lanjut Buwono.

Berita Menarik Lainnya:  Peringati Hari Perempuan Internasional, Ini Pesan Ketua DPD NasDem Sidoarjo

Pemerintah Kabupaten Asahan juga berharap melalui kegiatan Bimtek ini, dapat menjadi salah satu upaya pengembangan kualitas fotografi dan videografi peserta dari setiap OPD yang mengikuti.

“Saya juga berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan yang didapat untuk kepentingan penyebarluasan informasi, dokumentasi dan promosi di OPD tempat saudara bertugas. Saya juga ingin menyampaikan selamat dan sukses kepada diskominfo yang telah melaksanakan bimtek ini. Saya berharap kegiatan ini dapat berkesinambungan dengan inovasi dan kreasi yang terus mengikuti perkembangan zaman demi mewujudkan masyarakat Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter,” harap Buwono.

banner 1024x730

Pos terkait

banner 800x800