Nilai ADWI 2022 di Tirta Agung, Sandiaga Uno Dorong Pengunjung Rojali Via Ekraf

Menparekraf
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uni saat peresmian 50 Desa Wisata, Tirta Agung Sukosari Kidul Sumber Wringin Bondowoso
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-BONDOWOSO- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi objek wisata Tirta Agung, di Desa Sukosari Kidul, Kecamatan Sumber Wringin, Minggu (7/8/2022).

Kedatangannya untuk melakukan penilaian 10 besar objek wisata Tirta Agung, dalam gelaran Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, Tirta Agung sendiri telah masuk dalam 50 besar desa wisata tingkat nasional.

Kedatangan Mas Menteri Sandi itu, disambut meriah oleh masyarakat Desa Sukosari Kidul.

Sepanjang kanan-kiri jalan menuju objek wisata, pelajar dari tingkat TK, SD, SMP, hingga SMA melambaikan bendera merah putih.

Berita Menarik Lainnya:  Mencicipi Kuliner Warung Banjar Jombang, Pedasnya Sambal Gami Bikin Keringetan

Sementara Mas Menteri Sandiaga menaiki bendi hias, dari Pesanggerahan Sumber Wringin menuju lokasi Tirta Agung.

Tiba di wisata Tirta Agung, tepat di pintu masuk Sandiaga dikalungi udeng khas Sukosari Kidul. Disambut, tarian tradisional asli desa yakni Jaran Kecak, dan seni bela diri pencak silat di pintu masuk.

Sementara jajaran Forkopimda yang dipimpin oleh Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, berjajar rapi menyambut kedatangan Sandiaga.

Menteri Sandiaga Uno, mengatakan, setelah dilakukan penilaian dan peresmian, Desa Wisata Tirta Agung harus terus berkelanjutan menggandeng Astra dan Bank Jatim.

“Melalui ADWI ini, kita dorong konsep wisata yang bisa menggerakkan ekonomi, dan membuka peluang usaha, dan lapangan kerja,” ujarnya.

Menurut Mas Menteri, hasil monitoring tahun lalu berkat program ADWI ini terjadi peningkatan kunjungan hingga 30 persen, namun juga perlu meningkatkan akurasi produk-produk ekonomi kreatif sehingga bisa mendorong para pengunjung tak menjadi Rohali (Rombongan yang hanya lihat-lihat).

Berita Menarik Lainnya:  Gubernur Khofifah Nikmati Indahnya Tabebuya di Jombang, Bak di Negeri Sakura

“Tapi juga didorong menjadi Rojali (Rombongan yang jadi beli) produk-produk ekonomi kreatif. Itu adalah konsep kita, kenapa UMKM ini dihadirkan mereka merasakan berjualan,”ujarnya.

Selain itu, Mas Menteri Sandiaga juga mendorong agar ke depan menggerakkan ekonomi, dan membuka peluang usaha, dan lapangan kerja seperri dikembangkannya padi organik di Tirta Agung.

“Jadi buat spot fotografi sangat potensi dan bisa dibuat juga lomba fotografi di wisata Tirta Agung ini,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat optimis wisata Tirta Agung bisa tembus 10 besar ADWI 2022 ini.

Karena, dalam pengembangan wisata Tirta Agung sendiri tak hanya memamerkan wisata alam saja. Melainkan juga ekonomi kreatifnya, pemuda yang melek media, dan juga telah menjadi desa budaya.

Berita Menarik Lainnya:  Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Jatim Naik

“Ini menjadi nilai plus, semoga ada dukungan dari Bank Jatim. Sebagaimana dorongan dari Mas Menteri Sandiaga,”katanya.

Utamanya, lanjut Wabup, terkait membangun tempat bagi UMKM bernuansa alam. Yang memang menjadi keluhan pelaku Pokdarwis setempat saat persentase tadi.

“Nanti akan kita gambar dulu, akan kita lihat. Sehingga harus disesuaikan dengan kondisi Tirta Agung,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Mas Menteri Sandiaga juga meninjau sejumlah spot unggulan wisata Tirta Agung. Seperti, kolam ikan yang airnya tanpa kaporit, spot kala senja, dan tempat memeras susu kambing yang bisa dikonsumsi langsung.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280