Santri TPQ DKM Al Haq Rungkut Permai RMB Pawai Muharram dan HUT RI

TPQ DKM AL Haq
Santri TPQ DKM Al Haq Rungkut Permai RMB saat Pawai Muharram dan HUT RI
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-SURABAYA- Taman Pendidikan Quran (TPQ) Dewan Kemakmuran Masjid (DKM)Al Haq Rungkut Permai – Rungkut Mapan (RMB) Surabaya menggelar pawai bertema semarak Muharram dan semarak Kemerdekaan.

Guna memperingati Tahun Baru Hijriyah sekaligus HUT ke-77 RI, para santriwan maupun santriwati pawai dengan mengenakan kostum unik, Minggu (21/8/2022).

Bacaan Lainnya

Ada yang memakai baju tentara, baju pejuang, baju ustaz maupun ustazah seraya membawa bendera merah putih sebagai bentuk kecintaan pada tanah air.

Semangat mengikuti karnaval tahun ini terpancar, setelah dua tahun kegiatan serupa dibatasi akibat Covid-19.

Berita Menarik Lainnya:  Inovasi Bumi Kraksaan Udang Vanamme Masuk Top 45 KIPP Nasional 2022

Sebelum berangkat keliling rute komplek perumahan, seluruh peserta pawai menyanyikan lagu Indonesia Raya secara serentak.

Acara pembuka itu berhasil menggugah semangat santri yang telah datang sejak pagi. Beragam kegiatan turut mewarnai acara tersebut. Mulai pertunjukan angklung kolosal hingga lomba-lomba dengan doorprize menarik.

“Siapa yang hapal Pancasila?,” tanya Kak Ahmad, ustaz yang memandu acara usai menyanyikan lagu kebangsaan.

Rafa (6) santri Iqra jilid IV langsung mengacungkan jari. Ia penuh keberanian maju ke depan menyebutkan secara lantang kelima butir sila dalam Pancasila. Sementara, Owen (9) mengaku sangat senang bisa mengikuti pawai lagi.

Kepala TPQ Masjid Al Haq Misbahul Munir berharap dengan Semarak Muharram dan HUT RI dapat menambah semangat siswa dalam belajar sebagai bentuk mengisi kemerdekaan.

Berita Menarik Lainnya:  Gubernur Khofifah Gelontor BKD untuk 4 Desa di Bojonegoro

“Muharram itu memberi pesan hijrah kepada yang malas untuk lebih bersemangat lagi, yang belum giat menjadi lebih giat lagi dalam belajar dan mengajinya. Demikian pula dengan HUT RI, para santri tinggal mengisi kemerdekaan dengan giat belajar,” kata Munir.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Masjid Al Haq, Sutarum menjelaskan, DKM Al Haq memiliki unit program dengan visi memakmurkan masjid. Salah satunya menghadirkan TPQ di kompleks Rungkut Permai RMB. Banyak kegiatan berlangsung selama proses belajar mengajar.

“Tidak hanya ngaji saja, tetapi juga melakukan aktivitas baik indoor maupun outdoor. Salah satunya adalah dengan peringatan-peringatan hari besar Islam dalam rangka menanamkan jiwa ke-Islaman, keimanan, ke-Tauhidan,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk giat pawai kali ini merupakan sebuah upaya menguatkan jiwa nasionalisme sejak dini serta mengenang perjuangan pahlawan merebut kemerdekaan.

Berita Menarik Lainnya:  Oknum PNS Pengedar Sabu di Surabaya Dibekuk Polisi

“Kita tidak perlu berperang maka kita manfaatkan kemerdekaan ini dengan merdeka belajar yaitu gunakan setiap kesempatan dan tempat sebagai tempat belajar. Siapapun adalah sumber guru kalian,” pesannya seraya mengatakan bahwa TPQ Al Haq adalah tempat belajar istikamah bagi santriwan santriwati.

Selain itu, momen ini sekaligus bentuk memperingati hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah dan menjadi perhitungan pergantian tahun dalam Islam.

Terlebih, tambahnya, bulan Muharram juga merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, TPQ Al Haq menghadirkan berbagai giat bermanfaat.

“Mudah-mudahan kita bisa tetap taat mengikuti ajaran Rasulullah SAW sehingga di hari akhir kita akan mendapatkan syafa’atnya,” terang Sutarum.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280