Ondel-ondel di Jombang Siap Ikut Takbiran

Tampak Ondel-ondel buatan warga Jombang yang siap memeriahkan malam takbiran Idul Fitri
Tampak Ondel-ondel buatan warga Jombang yang siap memeriahkan malam takbiran Idul Fitri
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-JOMBANG – Momen malam takbiran di Jombang tepat malam menjelang Idul Fitri 1443 H, ini bakal meriah. Pasalnya, pemuda Dusun Jajar, Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, menyiapkan boneka ondel-ondel berukuran raksasa yang siap diarak ikut keliling Takbiran.

Puji Teguh, salah satu pemuda yang andil dalam pembuatan ondel-ondel tersebut mengatakan, boneka itu dirancang dan dikerjakan memakan waktu dua bulanan. Targetnya, dua boneka ondel-ondel berkarakter diselesaikan.

Bacaan Lainnya
banner 1024x1366

“Ya insiatif awalnya cuma ingin memeriahkan lebaran atau malam takbiran saja. Sehingga berfikir ingin membuat boneka ondel-ondel ini, mungkin kedua ondel-ondel karakter ini akan selesai pada dua hari sebelum lebaran,” ujarnya kepada awak media, Senin (25/4/2022).

Berita Menarik Lainnya:  Lawan Omicron, Pemkab Malang Batasi Mobilisasi Masyarakat

Ondel-ondel Berkakter Game Online

Karakter Ondel-ondel buatan warga Jombang yang berkarakter game online Higgs Domino
Karakter Ondel-ondel buatan warga Jombang yang berkarakter game online Higgs Domino

Tak seperti ondel-ondel biasa. Boneka dengan tinggi dua meter setengah ini dibuat dengan karakter pemeran game online yang sedang viral. Adalah kakek merah dalam game Higgs Domino.

Pria berusia 29 tahun ini menjelaskan, membuat karakter boneka kakek merah itu setelah terinspirasi maraknya pemuda yang mengaplikasikan permainan itu.

“Benar, karakter ondel-ondel ini dibuat dari game online yang lagi trend. Salah satunya kan Higgs Domino itu, ya jadi langsung dirembukkan sama warga yang ikut membuat. Setelah setuju, langsung cari bahan dan membeli kekurangannya, kemudian dibuat dengan bersama-sama,” jelasnya.

Berita Menarik Lainnya:  Bakar Rumah Warga Jember, 9 Orang Ditetapkan Tersangka

Dua boneka karakter dibuat dengan ukuran yang sama, tapi dengan karakter yang berbeda. Ada kakek merah dan bocil pink dalam game online Higgs Domino. Kedua boneka dimaksud akan dimainkan oleh warga setempat, ketika malam takbiran.

“Ya pertunjukannya, keliling-keliling gitu. Sekedar memeriahkan malam takbiran saja, kalau soal pertunjukannya seperti biasanya ondel-ondel itu nanti,” cetus pria yang sehari-harinya sebagai pekerja kuli bangunan ini.

Ondel-ondel Higgs Domino Dibuat dari Limbah

Ondel-ondel karakter milik warga Jombang yang dibuat dari bahan limbah
Ondel-ondel karakter milik warga Jombang yang dibuat dari bahan limbah

Kreatif, irit biaya, kompak, jadi panggilan yang cocok dari warga setempat. Rupanya dana pembuatan ondel-ondel tersebut dari swadaya masyarakat seikhlasnya. Tak hanya itu, juga bahan pembuatannya yakni dari memanfaatkan limbah.

“Dananya swadaya Mas, kalau bahan-bahannya rata-rata dari limbah. Tapi masih ada bahan yang kurang, sehingga harus mengeluarkan dana tersebut. Ya salah satunya yang bisa dilihat jelas, seperti catnya ini,” katanya.

Berita Menarik Lainnya:  RTAR PMII Adipati Kertonegoro Berjalan Lancar

Sementara dari pembuatan boneka dimaksud, kata Puji kini sudah menghabiskan dana Rp2 juta-an. Kendati demikian, pihaknya tetap senang ketika suasana warga ketika takbiran terlihat senang dan meriah.

“Kurang lebih 2 jutaan biaya pembuatannya ini. Ya kami tetap senang, karena ini sudah jadi tradisi tahunan tiap lebaran idul Fitri di sini. Selain takbiran, terkadang dibuat pas momen hari kemerdekaan Indonesia. Ya 17 an Agustus itu,” tuturnya.

“Ya kalau harapannya, semoga cepat selesai. Sementara untuk acaranya di malam lebaran nanti, bisa lancar, aman dan berlangsung meriah. Gitu saja,” pungkasnya.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280