Dari Lomba Hijab, Bazar BRI Dukung PKK Curahdami Ekspor Tape ke Amerika

PKK
Ketua PKK Kecamatan Curahdami Diana Jordan dan Kepala Cabang BRI Bondowoso Agus Adi Hermanto saat bersama para peserta lomba kreasi hijab
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-BONDOWOSO- Siapa sangka produk tape Krispy PKK Curahdami, telah ekspor masuk ke California, Amerika dibantu BRI melalui Brilian Preneur. Kali ini Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Curahdami, menggenjot produk lain lewat lomba kreasi hijab dan bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Sabtu (18/6/2022).

Di Aula Kecamatan setempat, para peserta lomba kreasi hijab terdiri dari anggota PKK di 11 desa dan 1 kelurahan ini merias hijab dengan durasi yang ditentukan oleh panitia.

Bacaan Lainnya
banner 800x800

Tidak hanya kecepatan, namun keanggunan dalam berhijab pun menjadi indikator penilaian oleh panitia.

Berita Menarik Lainnya:  Khofifah Apresiasi Pola Pemberdayaan Ekonomi di Rest Area

Selain merias hijab, para peserta pun menunjukan hasil riasnya dengan berjalan di cat walk bak model.

Tak hanya lomba kreasi hijab, para anggota PKK Kecamatan Curahdami itu juga menggelar bazar dari hasil karya para penggiat UMKM di wilayah setempat.

Ads

Ketua PKK Kecamatan Curahdami, Diana Jordan, mengatakan lomba kreasi hijab ini pihaknya ingin menjadi penyalur potensi bagi kader-kader di bidang hijab dan fashion. Saat ini, hijab dan fashion sudah tidak seperti zaman dulu, yang terkesan kuno dan tidak modern.

“Tapi hijab sekarang sudah modis, di mana dari hijab ini bisa menjadi ladang sumber pendapatan bagi para kader PKK khususnya di Curahdami,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Para peserta lomba hijab ini, kata Diana, berasal dari anggota PKK yang berada di desa-desa dan kelurahan.

“Pesertanya 12, dari 11 desa dan 1 kelurahan,” ungkapnya.

Berita Menarik Lainnya:  Wow, Pria di Jombang Ini Berhasil Sulap Daun Pandan Jadi Barang Unik

Diana Jordan menerangkan, pihaknya sengaja menggandeng BRI untuk berkolaborasi dalam pengembangan UMKM di Kecamatan Curahdami terkait permodalan.

Ads

“BRI merupakan bank besar dan memasyarakat. Kalau UMKM tidak didukung permodalan yang kuat, mana bisa bangkit terlebih pasca pandemi ini,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Cabang BRI Bondowoso, Agus Adi Hermanto, mengatakan, terselenggaranya acara sederhana namun meriah ini berkat kerjasama antara PKK Kecamatan Curahdami dengan BRI Unit Kotakulon.

Selain itu pihaknya juga membantu transaksi keuangan dengan QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard. Yakni standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

“Untuk transaksi UMKM tidak memakai uang tunai lagi. dengan QRIS ini lebih memudahkan. Selain itu juga banyak kelebihannya, tidak bingung kembalian atau mendapatkan uang palsu,” jelasnya.

Berita Menarik Lainnya:  Bupati 'Marahi' Dinas Perkim Gegara Jalan Rusak Dibiarkan
Kreasi hijab
Salah satu peserta lomba kreasi hijab

Agus menerangkan, UMKM di sini yang telah menggunakan QRIS siap dibantu permodalan, baik itu KUR maupun Simpedes. Ke depan pihaknya siap berkolaborasi dengan kecamatan lain di Bondowoso untuk membangkitkan UMKM.

“Konsen kita saat ini bagaimana UMKM ini bangkit dan percaya diri. Terutama pasca pandemi ini, bagaimana berkolaborasi dengan pemerintah setempat agar UMKM bisa bangkit,” ungkapnya.

Bantuan yang diberikan oleh BRI, lanjut Agus, tidak hanya kebutuhan UMKM saja, namun pihaknya juga mencarikan pasar hingga ke luar negeri.

“Sudah ada contoh, tape krispy ini sudah sampai ke California, Amerika Serikat. Ini di bantu BRI melalui Brilian Preneur, hingga bisa mengekspor ke sana. Kita bantu,” pungkasnya.

>>>Ikuti Berita Lainnya di News Google Beritabangsa.com

Pos terkait