Safari Ramadan Perdana 2022, Bupati Bondowoso Ajak Warga Jaga Ketertiban dan Keamanan

Bupati Bondowoso saat sambutan dalam Safari Ramadhan di Masjid Al-Barokah
Bupati Bondowoso saat sambutan dalam Safari Ramadhan di Masjid Al-Barokah
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-BONDOWOSO- Pemerintah Kabupaten Bondowoso kembali menggelar safari ramadan. Sebelumnya, acara tahunan ini sempat tak dilaksanakan 2020 dan 2021 lalu, karena pandemi Covid-19 melanda.

Tahun ini, safari ramadan perdana dilaksanakan oleh Bupati Salwa Arifin di Masjid Al Barokah, Desa Alas Sumur, Kecamatan Pujer, pada Kamis (7/4/2022) malam.

Bacaan Lainnya

Bupati Salwa Arifin, usai mengikuti sholat tarawih berjamaah, mengajak masyarakat agar turut serta bersama-sama menjaga ketentraman dan ketertiban di wilayahnya.

Berita Menarik Lainnya:  Faktor Sejarah, Kiai Kultural dan Struktural Desak PBNU Restui Pembentukan PCNU Besuki

Utamanya, menjelang Idul Fitri. Karena biasanya meningkatnya kebutuhan seringkali diikuti juga dengan tingginya kriminalitas.

“Aparat desa, Camat, masyarakat saya titip keamanan, ketertiban di wilayahnya,” ujar pria yang menjadi Pimpinan Ponpes Manbaul Ulum, Desa Tangsil Wetan itu.

Selain itu, dia berharap agar seluruh masyarakat juga tetap menjaga kerukunan antar umat beragama. Lebih-lebih, adanya perbedaan waktu awal puasa dan perbedaan Idul Fitri.

“Tolong jaga kerukunan antar umat beragama. Jangan sampai cekcok, karena hanya perbedaan waktu puasa dan Idul Fitri. Kebersamaan ini penting,” ujarnya saat dikonfirmasi Jurnalis Beritabangsa.com.

Berita Menarik Lainnya:  Filter Berita Hoak, PC GP Ansor Surabaya Gelar Pelatihan Literasi Digital Social Media

Pada kesempatan tersebut, Bupati Salwa Arifin didampingi Sekretaris Daerah, Bambang Soekwanto dan sejumlah pejabat eselon II juga memberikan beberapa bantuan.

Diantaranya yakni bantuan renovasi masjid sebesar Rp75 juta, belasan paket sembako, dan tali asih.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Bondowoso, Bambang Soekwanto, menerangkan, bahwa bantuan tersebut berasal dari APBD Bondowoso.

“Itu juga berdasarkan analisis kemampuan dari pemerintah daerah,” katanya.

Plt. Kepala Bagian Kesejahteraan Pemkab Bondowoso, Abdul Mufid, menambahkan, bantuan  ini hanya stimulus untuk renovasi masjid yang memang layak untuk direhab.

Berita Menarik Lainnya:  Kemdikbud Ristek Gelar Bimtek RPL, Unusa Siap Buka 9 Prodi

Besaran bantuannya sendiri menyesuaikan dengan kebutuhan masjid, dan kemampuan APBD.

“Untuk proses pencairannya sama seperti yang lain,  ini kan hibah yang diserahkan ke lembaga keagamaan, butuh yang namanya proposal pengajuan juga ke kita,” katanya.

Pria akrab disapa Mufid ini menyebutkan, di safari ramadan tahun ini pihaknya juga akan membantu masjid-masjid yang akan dikunjungi. Dengan besaran yang tak sama, atau menyesuaikan kebutuhan masjid.

“Kita hanya mendukung saja,” urainya.

Ia menyebutkan sebenarnya 70 persen masjid dari total 2 ribuan masjid di Bondowoso memerlukan uluran dari APBD/APBN.

“Kita tak sanggup jika hanya menggunakan anggaran APBD,” pungkasnya.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280