Mengenal Jemaah Aboge di Probolinggo, Puasa Ramadan Dimulai Hari Ini

Jemaah Aboge di Kabupaten Probolinggo memulai Puasa Ramadhan pada hari ini, tampak aktivitas jemaah saat mengaji Minggu (3/4/2022)
Jemaah Aboge di Kabupaten Probolinggo memulai Puasa Ramadhan pada hari ini, tampak aktivitas jemaah saat mengaji Minggu (3/4/2022)
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-PROBOLINGGO- Jika sebagian masyarakat sudah memulai puasa Ramadan hari Sabtu dan Minggu, lain halnya dengan jemaah Tahun Alip Rebo Wage (Aboge) di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.
Jemaah Aboge di Kabupaten Probolinggo, baru hari ini Senin, (04/04/2022) memulai puasa. Mereka baru memulai aktivitas salat tarawih pada Minggu (03/04/2022) kemarin.

Berdasarkan pantauan beritabangsa.com, jemaah Aboge menjalankan salat tarawih 20 rakaat plus tiga rakaat witir. Seperti yang terlihat di musala yang dipimpin Kiai Burri Mariye di Desa Leces, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Jemaah PMJ Grebek Acara Maulid Nabi di Desa Pagung Kediri

Diketahui, jemaah Aboge tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Probolinggo seperti, Leces, Bantaran, Tegalsiwalan, dan Dringu. Dalam menentukan awal bulan (puasa, Idul Fitri) hingga Idul Adha mereka menggunakan sistem kalender Jawa (hisab) yang mereka warisi dari Raja Mataram, Sultan Agung.

Walaupun juga nggunakan hisab, perhitungan jemaah Aboge tidak sama dengan hisab hakiki yang diterapkan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Karena Muhammadiyah sudah mengawali puasa, Sabtu lalu, 2 April 2022. Sementara pemerintah melalui Kementerian Agama yang menggunakan rukyatul hilal. Pemerintah mengumumkan 1 ramadhan Minggu, 3 April 2022.

Berita Menarik Lainnya:  Peringati Harlah Ke-99 NU, PBNU dan PWNU se-Indonesia Ziarah Pendiri NU di Jombang

Misalnya 2022, bertepatan dengan 1955, Alip Rebo Wage (Aboge). Artinya, 1 Suro tahun ini bertepatan dengan hari Rabo dan pasaran Wage. Selanjutnya Rabo Wage ini menjadi patokan untuk menentukan tanggal 1 Ramadan dan 1 Syawal.

Dengan pola “Don-Nem-Ro” (Romadon-6-2) akhirnya diketahui 1 Ramadan jatuh pada Senin Kliwon, 4 April 2022. Sedangkan 1 Syawal menggunakan pola “Wal-Ji-Ro” sehingga diketahui jatuh pada Rabo Kliwon, 4 Mei 2022 mendatang.

Menurut salah satu tokoh jemaah Aboge dari Leces, Kiai Burri Mariye mengaku, punya perhitungan sendiri. “Soal beda dengan pemerintah, tidak ada masalah, sudah biasa,” katanya.

Sesuai Tahun Jawa yang dipedomani jemaah Aboge, perhitungan tahun berputar selama kurun delapan tahun (windu). Kiai Burri Mariye pun merinci, Alif Rebo Wage (Aboge), Ha’ Akad Pon (Hakadpon), Jim Awal Jumat Pon (Jimatpon), Za’ Selasa Pahing (Zasahing), Dal Saptu Legi (Daltugi), Bak Kamis Legi (Bamisgi), Wawu Senin Kliwon (Waninwon), Jim Akhir Jumat Wage (Jimatge).

Berita Menarik Lainnya:  Wabup Asahan Audiensi dengan Bakamla RI

Kalender Aboge juga memakai urut-urutan neptu seperti, Wage, Kliwon, Legi, Pahing, Pon. “Kami sudah turun-temurun memakan kalender ini,” ucap Kiai Burri Mariye.

Sementara itu, dihubungi terpisah Solihin, salah satu jemaah Islam Aboge membenarkan salat tarawih tadi malam. Termasuk puasa pertama pada hari ini.

“Semua jamaah Aboge baru pada Minggu malam salat tarawih. Pedomannya pakai kitab Mujarobat pakai perhitungan Jawa,” singkatnya.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280