Melalui Megengan, NU Surabaya Ajak Warga untuk Bersama-sama Menjaga Tradisi Ziarah Kubur

Melalui Megengan, NU Surabaya Ajak Warga untuk Bersama-sama Menjaga Tradisi Ziarah Kubur
Aktivitas Megangan untuk muassis NU dan Warga Kota Surabaya
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-SURABAYA- Menjelang bulan suci Ramadan, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surabaya menggelar kegiatan megengan untuk muassis NU dan warga Kota Surabaya, Kamis (31/03/2022).

Megengan untuk muassis NU dan warga Kota Surabaya ini digelar di tiga tempat para muassis pendiri NU yang ada di Kota Pahlawan secara bersamaan dengan dilivekan langsung melalui platform YouTube HBNO TV media resmi PCNU setempat.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  PAC GP Ansor Bringin Berzikir dan Berselawat di Penghujung Ramadan

“Megengan ini digelar secara bersamaan di tiga tempat mukbarahnya para pendiri NU yang ada di Surabaya makam tembok, makam rangkah, makam pegirian. Meskipun begitu dalam khususon banyak tokoh NU yang kami sebutkan khususnya pendiri, penggerak NU yang ada di Kota Pahlawan,” ucap KH Muhibbin Zuhri Ketua PCNU Surabaya saat memberikan sambutan dalam acara megengan.

KH Muhibbin Zuhri mengajak kepada para warga untuk menjaga tradisi ziarah kubur yang sudah mentradisi baik yang dilaksanakan ketika megangan seperti saat ini ataupun di waktu yang lain seperti ziarah kubur di malam Jumat dan waktu lainnya.

Berita Menarik Lainnya:  Tutup Latsar CPNS 2022, Khofifah Tekankan Pentingnya Bangun Konektivitas Lintas Profesi

“Semoga semuanya mendapatkan barokah manfaat dari adanya kegiatan megangan ini dan para masyaikh pendahulu-pendahulu NU turut bahagia melihat kita generasinya yang alhamdulillah istiqomah melaksanakan apa yang telah diajarkannya,” tuturnya.

Pada kesempatan berbeda, Muhammad Hasyim Asy’ari koordinator acara megangan untuk muasis NU dan warga Kota Surabaya menjelaskan bahwa kegiatan ini bersifat umum untuk bagi para warga yang ingin hadir dan yang berada di sekitar sebab digelar pada tiga tempat yang berbeda serta itu bersamaan startnya.

Berita Menarik Lainnya:  Indahnya Wisata Pantai P3 Mayangan Probolinggo

“Siapa tahu ada warga yang bersamaan ziarah pada hari ini juga bisa bergabung. Sebagaimana yang kita ketahui banyak warga pergi berziarah menjelang datangnya bulan Ramadan,” jelasnya.

Dikatakan tradisi di lndonesia mejelang datangnya bulan ramadhan masyarakat berbondong-bondong ziarah ke makam leluhurnya untuk mendoakan para pendahulunya yang telah wafat.

“Oleh karena itu bagi kami ini adalah salah satu momen yang baik untuk menjalankan megangan di beberapa tempat sekaligus menjalankan kewajiban organisasi. Semoga sehat semua dan kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan khidmat,” pungkasnya.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280