LazisNU Mulyorejo Galang Kemandirian Umat Via KOIN NU

LazisNU Mulyorejo Galang Kemandirian Umat Via KOIN NU
Foto bersama, MWC NU, Banom LazisNU dan Camat Mulyorejo
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-SURABAYA- Nahdlatul Ulama (NU) sebagai organisasi keagamaan terbesar di Indonesia mempunyai banyak program kerja. Untuk mewujudkan, dibutuhkan anggaran tidak sedikit. Dengan jumlah warga NU yang cukup besar, merupakan potensi luar biasa apabila dikelola baik. Salah satu upaya yang dilakukan guna mewujudkan program kerja tersebut yakni dengan Gerakan KOIN NU.

Gerakan KOIN NU (Kotak Infaq NU) merupakan gagasan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang diluncurkan sejak 2017 di bawah naungan Lembaga Zakat, infaq dan Shodaqoh Nahdalatul Ulama (LazisNU), hal ini merupakan salah satu upaya untuk menangkap potensi.

Bacaan Lainnya
banner 1024x1366

Demikian pula di MWC NU Mulyorejo, yang juga menyambut serta menggulirkannya sejak 2019 melalui Gerakan KOIN-9 dan hingga saat ini tetap konsisten menjalankannya.

Berita Menarik Lainnya:  Sebagai Bentuk Kecintaan Kepada Rasulullah, Karang Taruna The Brilliant Peringati Maulid Nabi

Ketua LazisNU Kecamatan Mulyorejo Drs. H. Ah. Zaini Ilyas, M.Pd.I., menjelaskan, saat ini Gerakan KOIN NU terus bergulir di ranting NU di wilayah Kecamatan Mulyorejo.

Hal itu disampaikan dalam acara silaturahmi pengurus LazisNU dengan Camat dan Lurah se-Kecamatan Mulyorejo di Aula Lantai 2 Kantor Kecamatan Mulyorejo, Rabu (06/04/2022).

Yudi Eko Handono, Camat Mulyorejo didampingi oleh para lurah di wilayah Kecamatan Mulyorejo, menyampaikan terima kasih dan apresiasi pada seluruh unsur NU terutama LazisNU yang telah menyempatkan waktu untuk datang dan bersilaturrahmi dengan jajarannya.

“Monggo disampaikan kondisi, dan aspirasi masyarakat, kami sangat senang dengan kehadiran dan keberadaan panjenengan semua,” terang Camat yang dilantik pada Januari 2022 lalu ini.

Ketua MWC NU Mulyorejo H. M. Karto yang akrab disapa Abah Karto selaku moderator dalam acara tersebut, menyampaikan, selain silaturrahim dan mengenalkan para ketua ranting agar bisa bersinergi dengan lurahnya, dan juga mengenalkan pengurus baru LazisNU Mulyorejo, ia juga merespon dan menyampaikan kesiapan seluruh jajaran NU di wilayah Mulyorejo untuk membantu pemerintah setempat.

Berita Menarik Lainnya:  Dok ! Tubagus Joddy Sopir Vanessa Angel Divonis 5 Tahun Penjara

Ia menyampaikan, warga NU sudah terbiasa dengan kerja nyata dan kerja ikhlas. Untuk program vaksin (booster) di bulan Ramadhan ini seperti yang telah disampaikan oleh Camat Mulyorejo, akan disiapkan agenda vaksinasi setelah salat tarawih.

Karena, Lanjut Abah Karto, Ketua ranting banyak merangkap menjadi ketua takmir masjid, sehingga bisa dilibatkan dalam menjalankan program vaksinasi maupun upaya menjaga keamanan ketertiban, kenyamanan warga Mulyorejo.

Terkait KOIN NU, Abah Karto meminta dukungan dari Camat dan jajarannya serta para lurah dan stakeholder lainnya untuk program ini, karena manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat, tidak saja warga NU, tapi juga warga lainnya bahkan yang non-muslim sekalipun.

Dalam kesempatan ini pula, H. Zaini Ilyas menjelaskan panjang lebar terkait manfaat KOIN NU. Ia mencontohkan di Kelurahan Sutorejo, KOIN NU yang tersebar sudah lebih dari 500 kotak yg menyebar. Manfaatnya dirasakan sangat besar sekali, dan sejak 2019 telah memberikan banyak santunan kepada mereka yang sakit maupun yang meninggal dengan besaran 250-350 ribu rupiah.

Berita Menarik Lainnya:  2 DPO, 1 Babak Belur Dimassa Warga

Tiap bulan mereka berhasil mengumpulkan dana 13-15 juta rupiahbdan saldo sekarang mencapai 90an juta rupiah.

Demikian halnya di Kelurahan Mulyorejo, yang juga telah berhasil memberikan santunan kepada lansia, mereka yang sakit, meninggal, duafa dan lainnya.

Masih menurut Zaini Iyas, bulan maret ini terkumpul lebih dari 14,8 juta rupiah dan saldo sebesar 55 juta. Demikian halnya di Kalisaridamen maupun di Kelurahan Kejawan Putih Tambak yang memiliki gang sekitar 25 gang dengan distribusi kotak di setiap gangnya.

H Zaini Ilyas menambahkan, gerakan KOIN NU ini sangat besar sekali manfaatnya untuk kemaslahatan masyarakat, tidak hanya warga NU saja tapi juga telah diberikan dan dirasakan oleh masyarakat umum lainnya, bahkan yang non-muslim sekalipun.

“Untuk mengapresiasi sekaligus memberikan motivasi bagai Gerakan KOIN NU, maka Pengurus cabang, memberikan dukungan pada ranting NU berupa hibah 100 kotak koin NU,” papar H Ilyas pada Beritabangsa.com.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280