Langgar Gipo Tempat Penggemblengan Laskar Hisbullah

Silahkan Share ke :

Surabaya, Beritabangsa.com – Pengurus Cabang Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) NU Kota Surabaya dan Pengurus Laskar Macan Ali Surabaya, lakukan Rutinan Sholawat bersama di langgar Sagipodin yang terletak di Jl Kalimas Udik 1 No 51, Surabaya.

Disampaikan Muhammad Hasyim Asyari selaku Ketua Lesbumi NU Surabaya, banyak sekali sejarah yang terjadi di langgar Sagipodin yang dapat dijadikan semangat untuk berjuang.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Agar Masyarakat Tak Bingung Soal Shalat Tarawih dan Idul Fitri, KH Miftachul Akhyar Meminta Begini Kepada Pemerintah
banner 1920x1080

“Oleh karena itu sebagai generasi muda. Mari kita harus bisa mengembalikan perjuangan Nahdlatul Ulama pada fitrahnya,” katanya (27/06).

Penggiat budaya tersebut menjelaskan bahwa dahulu mbah Sagipodin adalah seorang saudagar yang mempunyai dermaga kapal di Kalimas dan membuat langgar Sagipodin ini sebagai salah satu tempat persinggahannya.

Disamping itu, di langgar Sagipodin ini pernah menjadi perkumpulan para tokoh nasional, para tokoh Nahdlatul Ulama, serta menjadi tempat Asrama Haji pada eranya. Sebab dulu untuk berangkat haji masih melalui jalur laut dan di sini juga menjadi tempat penggemblengan para Laskar Hisbullah.

Berita Menarik Lainnya:  PP Nurul Cholil Bangun Musholla Cabang Pondok di Alaskokon

“Jika melihat perjuangan para tokoh nasional pasti kita malu dengan apa yang ada sekarang ini. Marilah kita bersama untuk bersatu di jalan Allah tanpa ada niatan terselubung lainnya,” jelasnya.

Langgar Sagipodin atau dikenal juga langgar Gipo didirikan oleh mbah Syarifudin pada zamannya Kiai Hasyim Asy’ari yang berada di jalan Gipo dan berganti nama jalan menjadi Kalimas Shodiq.

Sementara Yunus mewakili keluarga Sagipodin dalam hal ini atas tuan rumah sekaligus mewakili Laskar Macan Ali Surabaya mengucapkan terima kasih banyak atas kedatangannya Lesbumi NU Surabaya yang dikemas dalam kegiatan Majlis Rutinan Sholawat.

Berita Menarik Lainnya:  Lawan Corona Puluhan Warga Dusun Pangloros Baca Burdah Keliling

“Sejarah tadi yang dijelaskan sama Sahabat Hasyim mengenai kumpulnya para tokoh nasional, tokoh NU, tempat asrama haji yang terletak di dilantai dua dan yang di samping sumur itu salah satu tempat penggemblengan laskar hisbullah itu benar,” ucapnya.

“Banyak sekali yang bisa kita petik di bangunan bersejarah langgar Sagipodin (Gipo) ini untuk dijadikan semangat kita untuk mengembalikan semangat juang para pendahulu kita,” pungkasnya.

Reporter : Hisam

banner 600x310

Pos terkait