Simak Hal-hal yang Merusak Pahala Puasa Ramadan

DR KH Abdul Wadud Nafis LC, MEI Seorang Rektor IAI Syarifuddin Wonorejo Lumajang
DR KH Abdul Wadud Nafis LC, MEI Seorang Rektor IAI Syarifuddin Wonorejo Lumajang
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat istimewa, karena Allah mempermudah setiap orang-orang beriman untuk beribadah kepada Allah subhanahuwata’ala, sehingga seakan-akan pintu surga terbuka dan pintu neraka tertutup.

Dikatakan Gus Wadud, panggilan akrabnya, bahwa orang-orang yang beribadah di bulan Ramadan dengan niat semata-mata mengharapkan ridho dari Allah subhanahuwata’ala (SWT), maka dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah SWT.

Bacaan Lainnya
banner 1024x1366

Puasa yang dilaksanakan di bulan Ramadan akan mendapatkan bermacam-macam keutamaan dari Allah SWT, diantaranya, pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah dengan lipatan yang sangat besar. Namun yang tahu hitungannya hanya Allah semata dan dosa-dosanya diampuni oleh Allah SWT.

Akan tetapi dalam realitasnya banyak orang yang berpuasa di bulan Ramadhan, tapi sayangnya tidak mendapatkan pengampunan dari Allah SWT dan tidak mendapatkan rahmat dari Allah, justru mendapatkan dosa yang berlipat ganda, karena dia melakukan hal-hal yang merusak puasanya.

Berita Menarik Lainnya:  Kapolda Libatkan Satpam dalam Penegakan Prokes

Lalu Apa Hal-hal yang Merusak Pahala Puasa?

Hal-hal yang merusak pahala puasa banyak sekali, tapi apabila diringkas menjadi tiga: al qaul al zur, al ama Al zur, dan al jahla.

Pertama, al qaul al zur, yaitu mengucapkan kata-kata yang mengandung dosa, kata-kata yang dilarang oleh Allah SWT dan kata-kata yang merugikan orang.

Al qaul al zur atau kata-kata yang mengandung dosa diantaranya, berkata dusta, memfitnah orang lain, menceritakan kekurangan orang lain orang lain, merendahkan orang lain, mengancam orang lain, dan kata-kata yang menceritakan hubungan suami istri.

Kedua, al amal al amal zur, yaitu perbuatan yang mengandung dosa, baik perbuatan dosa itu berhubungan langsung dengan Allah maupun berhubungan dengan manusia.

Berita Menarik Lainnya:  Parenting Menurut Pandangan KH Agus Muhammad Najib

Dosa yang berhubungan langsung dengan Allah, yaitu meninggalkan shalat lima waktu, berzina, minum minuman keras dan makan dan minum yang diharamkan oleh Allah.

Sedang perbuatan dosa yang berhubungan dengan manusia yaitu menyakiti orang lain, mencuri harta orang lain, korupsi, berbuat dzolim dan menghianati orang lain.

Ketiga al jahla, yaitu melakukan amal perbuatan an seperti yang dilakukan oleh orang-orang jahiliyah, apa saja yang dilakukan orang-orang jahiliyah?

Dosa-dosa yang dilakukan orang jahiliyah pada garis besarnya ada dua, yang pertama berhubungan dengan Allah dan yang kedua berhubungan dengan manusia.

Perbuatan dosa orang yang menyekutukan Allah dengan yang lain dan perbuatan dosa yang berhubungan dengan manusia membunuh orang lain tanpa alasan yang dibenarkan, merampas harta orang-orang yang lemah, makan riba, minum minuman keras dan memutuskan hubungan silaturahim.

Rasulullah menegaskan bahwa orang yang yang melakukan al qaul al zur, al amal al zur dan al jahla dapat merusak pahala puasa, beliau bersabda
: « مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ فِى أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ » .
Artinya: “Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan perbuatannya, maka Allah tidak mempunyai sebuah keperluanpun untuk meninggalkan makan dan minumnya”. (HR. Bukhari)

Berita Menarik Lainnya:  Kejar Target Vaksinasi Lansia, Polres Batu Tebar Doorprize

Dengan demikian jika orang yang berpuasa Ramadan ingin mendapatkan keutamaan puasa Romadhon hendaknya menghindari segala perbuatan dan perkataan yang mengandung dosa serta selalu beribadah kepada Allah SWT semata-mata mengharapkan ridho dari Allah SWT.
Wallahu a’lam bishawab

*) DR KH Abdul Wadud Nafis LC, MEI Seorang Rektor IAI Syarifuddin Wonorejo Lumajang

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis dan tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280