Ada Zakat Fitrah yang Salah Kaprah

Ustadz Abdul Wahid Al-Faizin, pengasuh kajian fiqih dan ekonomi Islam Surabaya
Ustadz Abdul Wahid Al-Faizin, pengasuh kajian fiqih dan ekonomi Islam Surabaya
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-SURABAYA- Minimnya pengetahuan tentang zakat kerap menjadikan kesalahan yang dianggap lumrah di kalangan masyarakat atau salah kaprah.

Menurut Ustaz Ahmad Nurul Holil, Departemen Pendidikan dan Agama LPM Suramadu, edukasi tentang zakat, baik arti, cara distribusi, penerima siapa, siapa amil zakatnya dan banyak lainnya perlu dilakukan.Karena, sering dijumpai banyak kesalahan yang tak disadari umat dan membagi zakat berdasar pada kebiasaan bukan pada kebenaran.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Sambut Bulan Suci Ramadan 1443 H, Penjual Bunga Rampai Panen Berkah
banner 1024x1366

“Intinya dari Depertemen Pendidikan dan Agama LPM Suramadu ingin mengedukasi, bahwa kebiasaan belum tentu benar, tapi yang benar harus dibiasakan,” terang Ustadz Holil.

Hal itu diungkap dalam, seminar Ramadan ini ngabuburit di markas LPM Suramadu. Acara dihadiri pengurus takmir se Kecamatan Asemrowo, panitia zakat dan koordinator Kecamatan LPM Suramadu se Surabaya.

Ustadz Fatah, dari Departemen Pendidikan dan Agama LPM Suramadu menjelaskan, kegiatan ini didukung LAZNU yang terakreditasi pemerintah untuk menyalurkan zakat seperti LAZSidogiri.

Berita Menarik Lainnya:  62 Profesi Ners Unipdu Jombang Siap Jadi Pahlawan Kesehatan

“Alhamdulillah sesuai rencana artinya apa bahwa kegiatan tadi banyak yang dihadiri oleh takmir atau yang mewakili dari masjid atau musala,” pungkas Ustaz Fatah.

Usai acara peserta banyak yang mendaftarkan diri menjadi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) baik melalui LAZISNU, LAZSidogiri ataupun BAZNAS sehingga tidak ada kecemburuan sosial karena panitia zakat dan amil zakat sangat jauh beda arti.

“Dengan adanya seminar seperti ini apa yang selama ini dianggap sebagai salah kaprah bisa dibenahi menurut hukum Islam,” jelas Wahid.

Berita Menarik Lainnya:  Bercumbu dengan Istri di Bulan Ramadan Batalkan Puasa?

Mohammad Arifin, Koordinator Kelurahan, Kecamatan Tambaksari, mengaku senang karena jadi mengerti bedanya panitia zakat dan amil zakat.

Seminar di markas pusat LPM Suramadu, Jalan Tambak Dalam Baru IB no 27, Kecamatan Asemrowo, Surabaya pada Minggu (17/04/0/2022), pukul 14:00 WIB ini diakhiri buka puasa bersama.

Seminar dengan tema “meluruskan zakat fitrah yang salah kaprah di masyarakat” ini menghadirkan Ustaz Abdul Wahid Al-Faizin, Fiqh Islam dan ekonomi, serta Ustaz Farobi Aqam, Ketua LBM PCNU dan Sekretaris IASS Surabaya.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280