Ketua DMI Surabaya Sedekah Darah di Masjid Cheng Hoo

Silahkan Share ke :

Surabaya, Beritabangsa.com – Pelaksanaan Gerakan Sedekah Donor Darah di Masjid Cheng Hoo dan Masjid Nurul Huda, Minggu, (26/1/2020), berlangsung lancar. Bahkan, di Masjid Cheng Hoo tampak meriah karena berbarengan perayaan Hari Raya Imlek.

Kegiatan donor darah berlangsung di dalam ruangan yang bisa digunakan rapat pengurus Masjid Cheng Hoo. Sedangkan kegiatan bazaar, barongsai dan Albanjari digelar di halaman masjid berarsitektur Tionghoa ini.

Bacaan Lainnya
banner 1920x1080

Seluruh Rangkaian kegiatan di Cheng Hoo ini berlangsung sejak pukul 08.00 WIB hingga habis Dhuhur.

Berita Menarik Lainnya:  Ketua DPRD Kota Surabaya Ikuti Donor Plasma Konvalesen

Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar. Donor darah maupun acara lainnya berlangsung meriah,” kata Takmir Masjid Cheng Hoo, Ustad Hasan Basri didampingi Mohammad Jamil, Ketua Panitia Gerakan Sedekah Darah.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Surabaya Arif Afandi ikut menyedekahkan darahnya di masjid ini.

Saya sudah lama sekali tidak ikut donor darah. Mumpung lagi cukup istirahat, hari ini mau bersedekah darah,” ucapnya.

Setelah diperiksa dokter, Wakil Walikota Surabaya periode 2005-2010 ini dinyatakan layak diambil darahnya. Ia langsung menuju tempat pengambilan darah bersama sejumlah jamaah masjid yang terus berdatangan.

Berita Menarik Lainnya:  HKTI Bondowoso: Misi Kemanusian Harus Terus Dilakukan Untuk Memulihkan Kondisi Korban Banjir

Gerakan Sedekah Donor Darah di masjid se-Surabaya ini digelar atas kerjasama DMI dan PMI Kota Surabaya. Pelaksanaanya secara estafet di 33 masjid sejak minggu lalu hingga akhir Pebruari 2020 mendatang.

Menurut Arif, gerakan ini dinamakan sedekah karena niat berbagi kepada sasama manusia sebagai hamba Allah. Sedangkan yang disedekahkan bukan dalam bentuk materi atau uang, tapi darah untuk membantu persediaan darah PMI.

Pria kelahiran Blitar, Jawa Timur ini, berterimakasih kepada para takmir masjid yang ikut gerakan ini. Dia berharap kolaborasi DMI dan PMI ini berkelanjutan untuk menjadikan masjid sebagai pusat kemanusiaan, selain fungsi utamanya sebagai tempat ibadah.

Puncak gerakan ini akan digelar Malam Anugerah Masjid yang akan dihadiri seluruh takmir masjid se Surabaya. Direncanakan Ketua Umum DMI sekaligus Ketua Umum PMI Dr (HC) Jusuf Kalla akan hadir.

Berita Menarik Lainnya:  Tiga Relawan Capai 100 kali Donor, Sekda Bondowoso Apresiasi Pendonor

Kegiatan sedekah donor darah berbasis masjid ini bagus sekali. Semoga nanti diikuti DMI kota dan kabupaten lain bisa melakukan hal yang sama. Ini cara lain memakmurkan masjid,” kata JK –demikian ia biasa dipanggil.

Menurut Jamil, pelaksanaan sedekah Donor Darah Berbasis Masjid selanjutnya berlangsung Kamis, 30 Januari 2020 di Masjid Muhajirin, Jl. Jimerto Surabaya.

Selanjutnya pada hari Minggu, 2 Pebruari 2020 berlangsung di 2 tempat. Yakni Masjid Attaqwa, Jl. H.R. Muhammad dan Masjid Al Islam, Jl. Tambak Asri Surabaya,” pungkasnya. (Red)

banner 600x310

Pos terkait