Gelar Istighosah Kubro Online, Kiai Marzuki Mustamar Optimis Bangsa Indonesia Mampu Lewati Covid-19

Silahkan Share ke :

Surabaya, Beritabangsa.com – PWNU Jatim bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan forkopimda sukses menggelar istighosah kubro secara online, Rabu (8/4/2020) malam.

Istighosah online pertama di dunia ini digelar secara serentak di tiga tempat yang berbeda secara live, yakni di kantor PWNU Jatim, Gedung Grahadi Surabaya, dan Pondok Pesantren Lirboyo Kediri.

Bacaan Lainnya
banner 1920x1080

Pada tiga tempat yang berbeda tersebut secara keseluruhan hadir 19 Kiai se Jawa Timur berserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim. Turut serta pula jutaan santri dan umat muslim yang ikut berdoa melalui streaming.

Berita Menarik Lainnya:  Harlah PAC IPNU IPPNU Krembangan ke-5 Adakan Giat Akbar

Sebelum Istighosah dimulai, acara diawali dengan sambutan ketua NU jatim, KH. Marzuki Mustamar. Beliau optimis bahwa bangsa Indonesia akan mampu melewati perjuangan wabah Covid-19 ini.

Kita ingat bagaimana dulu perjuangan rakyat Indonesia saat menghadapi cobaan berupa penjajahan. Kita bisa melewatinya walaupun dengan persenjataan seadanya,” sambutnya.

Pengasuh Ponpes Sabilurrosyad Malang itu kemudian melanjutkan bahwa kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia saat ini tak lepas dari peran para kiai dan ulama yang turut andil berjuang dan berdoa kepada Allah seperti Istighosah yang diadakan.

Berita Menarik Lainnya:  Alhamdulillah, Lima Pasien Covid-19 di Jatim Kembali Dinyatakan Sembuh

Dalam situasi musibah seperti ini, jika kita memohon, berdoa, InsyaAllah mustajabah. Sebab anak yatim ikut mengamini, orang-orang miskin ikut mengamini, dan orang-orang yang terdampak ikut mengamini,” tandasnya.

Sementara di Gedung Negara Grahadi, Gubernur Jatim, Khofifah menyampaikan sambutannya, pada malam nisfu sya’ban yang penuh barokah ini Forkopimda Jatim meminta berkah dan doa para kiai beserta santrinya untuk memohon kepada Allah.

Tidak lain agar Allah memberi pertolongan kepada umumnya bangsa indonesia, khususnya Jawa Timur,” ujarnya dalam sambutan.

Berita Menarik Lainnya:  Peringati 10 Muharram Pemdes Randugong Santuni 29 Anak Yatim

Mantan Menteri Sosial itu memohon doa agar Allah yang Maha Kuasa segera mencabut wabah covid-19 dari bumi Indonesia.

Ini adalah ikhtiar bersama para kiai di malam nisfu sya’ban dalam mengiringi perjuangan para tenaga medis dan relawan. InsyaAllah akan ada pertolongan pada bangsa Indonesia,” tuturnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan tawassul oleh KH. Anwar Mansyur dari pondok pesantren Lirboyo Kediri. Sedangkan Pembacaan Istighosah dipimpin oleh Rois Aam PBNU KH Miftahul Akhyar dan ini diikuti oleh segenap umat muslim Indonesia agar wabah Covid-19 segera dicabut.

Reporter : Ais

banner 600x310

Pos terkait