Dolanan Anak sebagai Upaya Mengenalkan Maulid Nabi kepada Santri Balita

Silahkan Share ke :

Beritabangsa.com, Surabaya – Semarak Maulid Nabi Muhamamad SAW tidak henti-hentinya diperingati oleh berbagai kalangan di bawah naungan Nahdhatul Ulama (NU). Salah satunya Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Ikhlas di bawah naungan NU yang berada di Desa Gandong, Bandung, Tulungagung.

“Acara ini digelar sebagai bentuk ikut serta memperingati Maulid Nabi Muhamamad SAW dengan cara sederhana tanpa mengurangi kecintaan kita kepada Kanjeng Nabi,” ungkap Miftahul Huda Pengasuh TPQ Al Ikhlas.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Vakum 14 Tahun, Peringatan Maulid Nabi di Langgar Gipo Gemparkan Masyarakat
banner 1920x1080

Laki-laki yang merupakan Ketua Ansor Pimpinan Ranting (PR) Gandong ini menambahkan bahwa perlombaan yang dilaksanakan adalah dolanan anak yang kini mulai memudar. Sehingga lomba ini sebagai upaya memperkenalkan kembali dolanan anak-anak dan mengurangi Santri untuk menggunakan gagetnya.

“Lomba yang kami gelar diantaranya yaitu: bendera dalam botol, balap sendok kelereng, estafet air, dan memasukkan pensil ke dalam botol. Terakhir Hari Jumat (6/11/20) ditutup dengan acara ancak jajan dan membawa bekal makan bersama, istilahnya Tulungagung adalah takir,” jelasnya, Senin (2/11/20).

Berita Menarik Lainnya:  Sebanyak 50 Orang Positif Covid 19 Dari Hasil Penyekatan dan Tes Antigen

Ia menambahkan pada penutupan acara tidak hanya ancak jajan, tetapi juga penampilan banjari dan shalawat dari para Santri.

“Maulid adalah peristiwa kelahiran Nabi Muhammad, dimana alam semesta dan seisinya pun ikut berbahagia. Maka sebagai upaya memperkenalkan Maulid Nabi Muhammad kepada Santri yang masih belita, kami kemas sederhana untuk dapat diterima serta membuat para santri bahagia,” tandasnya.

Berita Menarik Lainnya:  Bersamaan dengan Maulid, Bupati Lantik Pengurus BWI Bondowoso

Acara ini digelar di halaman TPQ yang diikuti oleh kurang lebih 60 Santri. Rasa bahagia itu pun terlihat dari canda tawa para santri.

Reporter : Afif Hidayatul Mahmuda

banner 600x310

Pos terkait