Bentuk Karakter Anak Cinta Alquran, Masjid Al Haq Gelar Pondok Ramadan

Anggota Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Haq foto bersama dengan santri Yayasan Masjid Al-Haq
Anggota Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Haq foto bersama dengan santri Yayasan Masjid Al-Haq
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-SURABAYA- Masjid Al-Haq, terletak di Jalan Rungkut Mapan Barat XII Rungkut Permai VIII & IX, Rungkut Tengah, Gunung Anyar, Kota Surabaya pada Sabtu (23/04/2022), menggelar peringatan Nuzulul Quran bersama santri dan para wali santri.

Acara ini merupakan rentetan agenda Dewan Kemakmuran Masjid Al-Haq di bulan Ramadan dengan mengusung tema “Gebyar Ramadan”.

Bacaan Lainnya

Menurut Ustaz Misbahul Munir, Kepala Sekolah TPQ Masjid Al-Haq, acara kali ini sebagai bentuk evaluasi dari para santri sekaligus menunjukkan kepada wali santri sejauh mana perkembangan anak-anak mereka selama belajar di Dewan Kemakmuran Masjid Al-Haq.

Berita Menarik Lainnya:  Gelar Baksos, FSHS Bagikan Ratusan Sembako Kepada Huffadz

“Ada beberapa santri yang mempunyai bakat untuk menjadi Hafidz dan ini menjadi PR buat kami untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan kami di sini,” jelas Ustaz Misbahul Munir kepada Beritabangsa.com.

Selain itu, lanjut Ustaz Misbahul Munir, dalam acara ini juga ada penampilan dari santri, yakni hafalan surat-surat pendek dan sedikit tanya jawab terkait Nuzulul Quran.

Sebagai support buat santri dalam setiap tanya jawab mereka mendapatkan hadiah berupa Alquran, sehingga dengan demikian, masih kata Ustaz Misbah, semangat santri untuk belajar Alquran lebih giat lagi.

Ads

Dalam setiap pembelajaran, bukan hanya peran Ustaz ataupun guru pembimbing, namun menurutnya, peran dari orang tua ketika santri berada di rumah sangat penting.

Berita Menarik Lainnya:  Safari Ramadan Perdana 2022, Bupati Bondowoso Ajak Warga Jaga Ketertiban dan Keamanan

Pasalnya, tatap muka di Yayasan Masjid Al-Haq hanya 1 jam, paling lama 1 jam 30 menit, sehingga harapannya, ketika santri sudah berada di rumah, hendaknya para orang tua mengarahkan untuk mengulang apa yang telah diperolehnya.

Ads

“Dengan demikian, apa yang telah diperoleh di sini (Masjid Al-Haq) tertanam betul di memori anak-anak,” terang Ustaz Misbah.

Terobosan demi terobosan terkait program pembelajaran di Masjid Al-Haq, terus diupayakan oleh seluruh pengajar yang sudah ahli di bidangnya.

Berbagai program untuk menumbuhkembangkan bakat dan minat anak didik selalu dilakukan oleh para ustaz muda ini.

Salah satu contohnya adalah kegiatan sebelum bulan Ramadan kemarin, Masjid Al-Haq bekerjasama dengan salah satu majalah anak-anak di Surabaya, mengadakan lomba mewarnai dan lomba hafalan surat pendek termasuk lomba azan.

Berita Menarik Lainnya:  Semarak Harlah Fatayat NU Ke 71; PC Fatayat NU Tulungagung Semangat Perempuan Produktif

Inspirasi dan inovasi ini juga didukung oleh para pengajar yang ada di Masjid Al-Haq yang menerapkan sistem belajar secara humanis dan humoris, seperti yang telah diterapkan oleh Ustaz Hariri.

Diharapkan, dengan metode ini, para santri tidak jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran dan selalu ada suasana baru dalam setiap pertemuan belajar mengajar.

banner 1024x730

Pos terkait

banner 800x800