Harga Emas Naik, Utang Emas 3 Tahun Lalu, Baru Bisa dibayar Sekarang

Gambar Ilustrasi
Gambar Ilustrasi
Silahkan Share ke :

Assalamu’alaikum Ustadz.
Tiga tahun yang lalu saya utang ke seorang teman. Awalnya saya berniat utang uang sebesar Rp 2.000.000. Namun, teman saya tidak punya uang kes, dan dia menawarkan simpanan perhiasan emasnya seberat 4 gram dengan kadar karat 75%. Karena tidak ada pilihan lain, maka saya terima, dan saya jual ke toko emas seharga Rp. 2.600.000. Hari ini saya hendak melunasinya, dengan membeli perhiasan emas yang sama. Akan tetapi, betapa kagetnya saya karena emas perhiasan dengan kadar dan berat jenis yang sama, ternyata harganya sudah mencapai 3 juta lebih. Bolehkah saya melunasinya dengan uang saja, ustadz? (Dian – Madiun)

Jawaban

Bacaan Lainnya
banner 1024x1366

Wa’alaikum salam warahmatullahi wabaraktuh.

Bismillah, syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan kasih sayang-Nya kepada kita sekalian. Shalawat serta salam senantiasa tercurah ke Baginda Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.

Berita Menarik Lainnya:  Pemanfaatan Teknologi Stem Cell untuk Pengobatan dalam Tinjauan Syara'

Saudari penanya yang dirahmati oleh Allah SWT! Utang pada dasarnya adalah akad penyerahan suatu harta kepada pihak lain yang akan dikembalikan dengan harta sejenis dengan kadar dan takaran yang sama. Itu sebabnya, utang juga bisa disebut sebagai akad pertukaran barang sejenis, namun disertai dengan adanya jeda waktu.

Jadi, apabila harta yang diserahkan itu berupa emas, maka kelak pengembaliannya adalah berupa emas. Apabila yang diserahkan itu berupa uang, maka kembalinya juga berupa uang.

Tidak boleh ada syarat melebihkan dalam pengembalian harta yang terutang oleh pihak yang menghutangi. Sebab, syarat melebihkan semacam ini, adalah termasuk bagian dari transaksi riba. Ribanya disebut sebagai riba qardly, atau riba utang.

Riba merupakan bagian dari transaksi yang dilarang oleh Allah SWT dan Rasulnya dan termasuk bagian dari perilaku kezaliman.

Berita Menarik Lainnya:  Virtual Innovation Day 2021, Waspada dengan Rentenir berwajah Pinjaman Online!

Aturan Main Utang Emas
Emas merupakan bagian dari barang ribawi. Dua barang lainnya yang masuk bagian dari barang ribawi adalah perak dan bahan makanan.

Transaksi barang ribawi sejenis, menghendaki terpenuhinya 3 syarat dasar pertukaran, yaitu:

Pertama, wajib tamatsul. Maksud dari tamatsul di sini adalah sama jenisnya, takarannya, dan timbangannya. Jadi, apabila anda utang emas perhiasan seberat 4 gram dan kadar karatnya 75%, maka kewajiban yang perlu anda lakukan adalah mengembalikan dengan kadar dan berat yang sama.

Kedua, wajib taqabudl atau saling serah terima. Karena yang anda terima adalah emas, maka kelak pada waktu pelunasan juga harus berupa emas. Tidak boleh berganti menjadi uang. Sebab, transaksi penyerahan emas, yang kemudian dikembalikan dengan uang, maka transaksi ini bukan termasuk transaksi utang (qardl), melainkan trasaksi bai bi al-ajal (transaksi jual beli tempo).

Berita Menarik Lainnya:  Apakah Koin Game merupakan Produk yang bisa dijualbelikan?

Ketiga, wajib hulul, yaitu diketahui masa pelunasannya. Namun, karena basis akad qardl adalah qardlu hasan yang ditengarai oleh adanya unsur menolong kepada pihak yang membutuhkan (thalabu al-rifq), maka ketentuan hulul bersalin rupa menjadi wajibnya pelunasan di saat sudah mampu. Menunda-nunda pelunasan di saat sudah mampu, adalah bagian dari kezaliman.

Mencermati terhadap ketentuan-ketentuan yang berlaku atas utang sebagaimana yang telah disebutkan di muka, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melunasi utang emas dengan menggantinya sebagai harga adalah tidak boleh secara syara’. Jadi, anda tetap wajib untuk mengembalikannya dalam rupa emas dengan berat 4 gram dan kadar 75%. Wallahu a’lam bi al-shawab!

*) Muhammad Syamsudin – Peneliti Bidang Ekonomi Syariah – Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur

*) Untuk pertanyaan seputar fiqih kontemporer bisa menghubungi Penulis di kontak HP/WA: 0823-3069-8449 atau melalui email: muhsyamsudin@el-samsi.com

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280