Sebar Video Hoax soal Corona, Wanita di Bondowoso Tersandung Pasal ITE

Bondowoso, Beritabangsa.com – Wanita 27 tahun berinisial SFH, Harus mempertanggung jawabkan perbuatannya itu di Polres Bondowoso, lantaran mengunggah video bohong atau hoax soal covid-19 di akun facebooknya dengan nama Mbak Fit atau Fithree.

Menurut Kapolres, AKBP Erick Frendriz, Rabu (18/3/2020), video yang telah beredar ke berbagai group facebook itu diberi caption atau keterangan bahwa Corona Virus telah masuk ke Daerah Bondowoso. Dan disebutkan bahwa, seorang Sumber Wringin positif corona dan dijemput di Terminal Bondowoso.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Polres Bondowoso Tangkap Pelaku Pungli di Objek Wisata Alam Kali Pahit
banner 1920x1080

Video itu diunggah dengan narasi yang tidak benar,” ujarnya.

Faktanya, video yang berdurasi 47 detik itu merupakan kegiatan sosialisasi, pengecekan kesehatan dan kerja bakti dalam rangka antisipasi virus corona yang dilakukan Polres Bondowoso, Rumah Sakit Bhayangkara, TNI dan instansi lain di Terminal Bondowoso.

Ia menerangkan, wanita tersebut mengunggah video itu pada 16 Maret 2020 lalu. Dan telah tersebar ke beberapa group whatsaap.

Berita Menarik Lainnya:  Reskrim Polsek Semampir Ungkap Kasus Narkotika Wanita Warga Kebon Dalem

Saat ini, pelaku sedang menjalani proses pemeriksaan di Mapolres Bondowoso karena telah diduga melakukan tindak pidana ITE dengan mengunggah konten bermuatan berita bohong.

Baiknya saring sebelum sharing, kemudian selalu ingat bahwa jarimu adalah harimaumu,” katanya.

Sebelumnya, diterangkan Kapolres bahwa video tersebut justru membuat resah warga di tengah upaya peningkatan kewaspadaan  terhadap Covid-19 di Bondowoso.

Berita Menarik Lainnya:  Peringati HUT Bhayangkara 74, Polres Bondowoso Baksos ke Ponpes

Waspada itu penting, tapi juga penting untuk tidak panik, dan saling menenangkan. Salah satunya yakni tidak menyebarkan hal-hal yang justru membuat warga khawatir,” pungkasnya.

Reporter : Muslim

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *