Kadinpemdes Bondowoso: Ini Kriteria Penerima BLT DD

Surabaya, Beritabangsa.com – BLT (Bantuan Langsung Tunai) dari Dana Desa bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 sasarannya yaitu warga miskin yang belum menerima PKH, yang belum menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), warga yang belum menerima kartu prakerja. Bantuan terebut sebesar Rp 600. 000/per satu KK, per bulan selama tiga bulan.

Kebijakan BLT Dana Desa tertuang dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Permendes PDTT) Nomor 6 tahun 2020 yang merupakan revisi dari Permendes PDTT Nomor 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Peserta Didik di Bondowoso Dapat Ijazah dan Sertifikat Khatam Alquran 
banner 1920x1080

Desa yang memperoleh Dana Desa Rp 800 Juta – Rp 1,2 Miliar, maksimal alokasi untuk BLT sebesar 30 persen. Sedangkan untuk desa yang memperoleh Dana Desa di atas Rp1,2 Miliar, maka maksimal alokasi untuk BLT sebesar 35 persen.

Hal tersebut di benarkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bondowoso, Drs. Abdurahman, Ia menjelaskan bahwa pencairan BLT yang bersumber dari DD masih butuh proses dan pendataan keluarga penerima manfaat (KPM) yang akurat dari desa.

Berita Menarik Lainnya:  Ini Penjelasan Jokowi Tentang Hukuman Mati Bagi Koruptor

Sekarang teman-teman yang di desa masih proses pendataan semua. Membantu warga dan mengantisipasi dampak virus Corona atau Covid-19,” katanya, Selasa (28/4/2020).

Lanjut Abdurahman, pendataan tersebut untuk memilah dan memilih. Karena masyarakat yang mendapat bantuan PKH dan BPNT tidak boleh mendapatkan bantuan BLT DD.

Pendataan calon penerima BLT Dana Desa, dilakukan oleh Relawan Desa lawan covid 19 yang dibentuk oleh Desa, di ketuai langsung oleh kepala desa, wakil ketua adalah Badan Permusyawaratan Desa (BPD), sejumlah anggota dari perangkat desa, anggota BPD dan lain-lain, serta melibatkan berbagai mitra yakni Babinkamtibmas, Babinsa, dan Pendamping Desa.

Berita Menarik Lainnya:  Angka Pasien Covid-19 Meningkat, Satlantas Bondowoso Imbau Masyarakat Taati Protkes

Jadi desa itu harus selektif betul dan harus hati-hati terkait pendataan penerima BLT ini,” terangnya.

Perihal pencairan BLT kata Abdurahman, nanti tidak sama. Tergantung kesiapan data dari desa setelah diajukan ke DPMD.

Proses pendataan tidak semudah yang kita bayangkan. Semua diawali dengan pendataan, setelah itu ada musyawarah khusus, terkait dengan validasi verifikasi datanya,” pungkasnya.

Reporter : Muslim

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *