E-Tilang Segera Diterapkan, Kasat Lantas Polrestabes Surabaya: Berjalan 24 Jam

Silahkan Share ke :

Surabaya, Beritabangsa.com – Mulai awal tahun 2020 Kota Surabaya, sudah berlakukan Penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau yang dikenal dengan tilang elektronik alias e-tilang akan segera diterapkan di Surabaya.

Dengan penerapan e-Tilang sendiri, camera CCTV akan mengawasi dan merekam setiap pelanggaran lalu lintas selama 24 jam nonstop di sejumlah ruas jalan di Kota Surabaya. Penindakan ini dilakukan menekan angka pelanggaran pengendara dan guna menciptakan tertib berlalu lintas.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Kasus Jaksa Sodomi Pelajar di Hotel Jombang, Polisi Tetapkan 2 Tersangka

Kompol Teddy Candra, Kasat Lantas Polresrabes Surabaya  mengatakan “Dalam pemantauan e-tilang ini dengan pengawasan kamera CCTV yang nantinya akan berjalan selama 24 jam.

“Penerapan nantinya selama 24 jam. Karena seluruh kamera CCTV disejumlah ruas jalan Kota Surabaya sudah lengkap,” kata Teddy, Rabu (4/12/2019).

Kasi Sarana dan Prasarana lalu lintas Dishub Kota Surabaya Prasetyo Prabayanto sementara itu,  mengatakan pihaknya sudah menyiapkan perangkat camera CCTV puluhan ruas jalan kota Surabaya. Ada dua jenis kamera yang akan digunakan dalam pemantauan ini yakni kamera speed dan kamera memantau pergerakan di traffic light.

Berita Menarik Lainnya:  Sempat Ricuh, Dimas Prayogo Terpilih Sebagai Korpus BEM-NUS

“Ada camera yang nantinya dengan fitur segitiga merah yang bisa mendeteksi orang mengunakan handphone dan tidak menggunakan sabuk pengaman. Kamera yang di lampu merah untuk mendeteksi plat nomor, menerobos lampu merah dan melewati markah,” tutur Prasetyo.

Data yang terekam nantinya akan tersimpan di server Surabaya intelligent Transport System (SiTS), kemudian data tersebut akan dilanjutkan ke RTMC Polda Jatim, “tambah Prasetyo.

Berita Menarik Lainnya:  Polres Pelabuhan Tanjung Perak Ungkap Kasus UPAL

“Data setiap pelanggar nantinya, baik foto dan video yang tersimpan di server SiTS, kemudian ditarik ke Dirlantas Polda Jatim untuk mendeteksi nopol. Dari situ akan keluar nopol dan alamat pemiliknya, setelah itu diverifikasi di Polda Jatim, “imbuh Prasetyo.

Nantinya dengan adanya pembaruan jaringan dari Dinas Kominfo Kota Surabaya, secara periodik, Dishub Kota Surabaya akan terus menambah CCTV untuk e-tilang.

“Akan terus bertambah, dengan adanya pembaruan jaringan dari Diskominfo,” pungkas Prasetyo.(HLL/AIS)

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280