Jengkel Hutang Tidak Dibayar, Nekat Embat Truk

AKP Giadi dan tersangka (kiri) beserta barang bukti | Foto: Humas Polres Tanjung Perak
AKP Giadi dan tersangka (kiri) beserta barang bukti | Foto: Humas Polres Tanjung Perak
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-SURABAYA – Pria berinisial RR (31), warga Jalan Simokerto, Surabaya, nekat mencuri sebuah mobil truk di Terminal Cargo, Jln. Sidotopo Lor No. 68-A Surabaya, Sabtu (12/12/2021).

Ads

Dari aksinya pelaku langsung diburu polisi, setelah kasus itu dilaporkan ke Polisi.

Bacaan Lainnya

Usut punya usut korban pencurian truk masih saudara RR,dan memiliki tanggungan hutang kepada pelaku.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resort Pelabuhan Tanjung Perak, Ajun Komisaris Polisi Giadi Nugraha, Selasa (28/12/2021), di halaman Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, mengatakan pemilik truk masih saudara RR, pelaku. Pemilik truk mengaku memiliki hutang yang lama tak kunjung dibayar kepada pelaku.

“Rupanya tersangka RR kekesalannya memuncak. Selama 3 tahun menunggu korban tak segera membayar hutang. Pada akhirnya tersangka RR nekat mengambil truk milik korban yang terparkir di Terminal Cargo Sidotopo Lor, Surabaya tanpa izin,” ujar Kasat Giadi.

Kasus pencurian sebuah truk yang dilakukan oleh tersangka RR ini didasari utang-piutang sebesar Rp.9 juta, pelaku dengan korban.

Meski demikian kata Giadi, tersangka mengambil barang milik orang lain tanpa izin dengan alasan sebagai jaminan atas hutang korban adalah tidak dibenarkan.

“Meski dia alasan jaminan hutang Namin karena korban tidak terima atas tindakan tersangka, kasus itu akan tetap ditangani oleh penyidik,” ujarnya.

Barang bukti Truck yang diambil tersangka | Foto: Humas Polres Tanjung Perak
Barang bukti Truck yang diambil tersangka | Foto: Humas Polres Tanjung Perak

Atas laporan kehilangan tersebut, pihaknya langsung melakukan penangkapan terhadap tersangka di rumahnya, di Jalan Simokerto Surabaya.

Kata AKP Giadi Nugraha, bagaimanapun tindakan tersangka telah melanggar aturan dan merupakan tindakan pidana.

“Ini jelas tindakan kriminal yang dilakukan oleh tersangka karena telah mengambil barang atau truk tanpa sepengetahuan pemiliknya. Biarpun ini masalah utang-piutang antara tersangka dan korban,” tandasnya.

Dari ungkap kasus itu, lanjut Fuadi, pihaknya mengamankan barang bukti berupa satu unit truk beserta surat – surat lengkap guna proses penyidikan yang lebih lanjut.

“Untuk tersangka kita jeratkan pasal 362 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan ancaman hukuman penjara selama 5 tahun,” tutup perwira dengan tiga balok kuning di pundaknya itu.

banner 768x1152