Telur untuk Semua

Hari telur
Bupati Blitar Bersama Dinas Badan Pangan Nasional Jawa timur

BERITABANGSA.COM-BLITAR – Telur untuk Semua. Itulah tema hari telur se dunia yang diperingati Pemerintah Kabupaten Blitar.

Bupati bersama Paguyuban Peternak Rakyat Nasional (PPRN) memeriahkan hari telur dunia 2022 di Alun-alun Kantor Bupati Blitar di Kanigoro, Kamis (13/10/2022).

Bacaan Lainnya
banner 1920x1080

Bupati Rini Syarifah, mengatakan Kabupaten Blitar merupakan daerah yang subur, dan makmur. Ada 9 komoditi hasil pertanian ada di Blitar. Antara lain padi, tebu, ikan, telur, daging ayam, daging sapi, dan susu.

Berita Menarik Lainnya:  Tim DVI Polri Turun ke Malang, Bantu Identifikasi Korban Kerusuhan

“Mari sama-sama kita gerakkan makan telur satu butir setiap hari. Karena perlu diketahui, bahwa Kabupaten Blitar merupakan produsen telur terbanyak, jumlah ayam petelur 15,7 juta ekor dan produksi 407 ton perhari. Maka tidak heran kalau telur ini penyumbang 30 persen kebutuhan nasional,” katanya.

Dia juga mengapresiasi kerja keras semua pihak dalam menyukseskan hari telur sedunia tahun ini.

”Hal itu sebagai wujud mendukung eksistensi peternak ayam petelur, dan mengkampanyekan gemar makan telur,” imbuhnya.

Selain itu, Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengungkapkan, Blitar merupakan tempat yang tepat untuk mengkampanyekan makan telur minimal satu butir setiap hari.

Berita Menarik Lainnya:  Pembangunan Perumahan Aqira Residence Untuk Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

”Saya mewakili dari daerah konsumen yaitu Jakarta, mengucapkan banyak terima kasih karena kita bisa makan sumber protein yang terjangkau, yang mudah diolah terutama dari Blitar,” katanya.

Untuk mencegah inflasi di daerah hilir maka harus dijaga harga di tingkat peternak.

“Maka menjaga kedua-duanya, harga di hulu berarti kesejahteraan peternak dan HAP untuk jagung, HAP untuk telur, HAP untuk ayam, sehingga ada keseimbangan di hulu dan di hilir,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Bakti Peternak Pada Negeri, Yesi Yuni memaparkan saat ini adalah kesempatan baik untuk memastikan semua orang di dunia bahwa telur adalah sumber protein baik dan terjangkau.

Berita Menarik Lainnya:  Gunakan Mini Trawl, 3 Kapal Nelayan Diamankan Satpolair Polres Probolinggo

”Dengan acara ini masyarakat makin paham bahwa telur adalah pemasok gizi yang murah, dan mudah diolah,” ungkapnya.

Acara ini diawali senam zumba warga Blitar Raya, kampanye makan telur, bagi bagi telur untuk pelajar dan umum, dan gelar produk UMKM. Acara ini mengundang peserta dari tingkat SD hingga SMA se Kecamatan Kanigoro.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *