LPEI Gandeng LDKPI Teken MoU Guna Tingkatkan Ekspor Nasional

Direktur Eksekutif LPEI, Riyani Tirtoso dan Direktur Utama LDKPI Tormarbulang Lumbantobing saat meneken MoU peningkatan ekspor nasional. Senin (19/9/2022) | Foto: Humas LPEI
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-JAKARTA– Lembaga Pembiayaan Ekspor Nasional (LPEI) menggandeng Lembaga Dana Kerjasama Pembangunan Internasional (LDKPI) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) memperluas kerjasama untuk meningkatkan ekspor nasional. Senin (19/9/2022).

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan kedua pihak. Dari pihak LPEI diwakili sang Direktur Eksekutif, Riyani Tirtoso. Sementara dari LDKPI diwakili oleh Direktur Utama, Tormarbulang Lumbantobing.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Melihat AP3I, Komunitas Pemijat di Probolinggo yang Eksis Saat Pandemi
banner 1024x1366

Menurut Riyani, kerjasama tersebut dilakukan dengan tujuan beberapa hal. Selain untuk mendorong peningkatan ekspor nasional, tujuan lainnya adalah untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

“Kami ingin menggenjot pertumbuhan ekspor nasional yang ditargetkan tumbuh 7,9 persen di tahun ini (2022 -red),” ucapnya

Kata Riyani, terhitung hingga bulan Agustus 2022, kinerja ekspor Indonesia mendapat rekor tertinggi dalam sejarah. Yakni 27,91 miliar dollar atau naik 30,15 persen.

“Oleh karena itu kami berkomitmen untuk membantu para pelaku UMKM yang berorientasi ekspor guna mengembangkan dan memajukan usaha mereka hingga ke kancah global,” tambahnya.

Berita Menarik Lainnya:  KJJT Hadiri Grand Opening Vivo Store Exhibition di WTC e-Mall Galeria Surabaya

Lebih lanjut, Riyani menjelaskan, untuk meningkatkan ekspor UMKM, pihaknya memberi dukungan dalam bentuk penyediaan fasilitas pembiayaan, penjaminan, asuransi, hingga jasa konsultasi.

“Dengan fasilitas ini kami harap bisa bersinergi dengan LDKPI dalam rangka optimalisasi pelaksanaan pemberian hibah. Sehingga langkah ini dapat mendukung peningkatan ekspor nasional,” tegasnya.

Riyani optimis ke depan kerjasama antar dua instansi tersebut bisa semakin meningkat. “Kami berharap peluang kolaborasi dengan LDKPI dapat terus ditingkatkan. Selain itu kerjasama juga menciptakan manfaat yang diharapkan dapat meningkatkan peran dan kontribusi LPEI dalam mendukung kerjasama pembangunan internasional,” bebernya.

Berita Menarik Lainnya:  Polres Pelabuhan Tanjung Perak Ungkap Penyelundupan Satwa Dilindungi

Sementara itu, Dirut LDKPI, Tormarbulang Lumbantobing, menyambut baik kerjasama itu. Dia juga berharap kolaborasi dengan LPEI dapat mendorong peningkatan ekspor.

“Khususnya pada pasar non-tradisional melalui paket pembiayaan dan pemberian hibah dalam bentuk kerjasama pembangunan internasional,” terangnya.

Tormarbulang Lumbantobing juga menyampaikan bahwa pemberian hibah diharapkan dapat mendukung pengenalan dan menambah daya tarik konsumen asing terhadap produk nasional. “Sehingga ekspor nasional kita semakin meningkat,” tutupnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280