Minuman Herbal Mak Nyak Kini Omsetnya Naik Berkat Pendampingan Dosen Unmuh Jember

Kelompok Akademisi Unmuh Jember yang diketuai Fefi Nurdiana Widjayanti intens melakukan pendampingan terhadap Rumah Herbal Mak Nyak
Kelompok Akademisi Unmuh Jember yang diketuai Fefi Nurdiana Widjayanti intens melakukan pendampingan terhadap Rumah Herbal Mak Nyak
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-JEMBER- Pendampingan yang dilakukan kelompok akademisi dari Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember pada usaha kecil menengah (UKM) Rumah Herbal Mak Nyak terus berlanjut.

Ads

Kelompok akademisi yang terdiri dari dosen dan mahasiswa yaitu Fefi Nurdiana Widjayanti, S.P., M.P. (Dosen Fakultas Pertanian), Trias Setyowati, S.H., S.E., M.M., (Dosen Fakultas Ekonomi), Wahyu Sasmito Aji, Deva Jaya Perkasa dan Riski Dahyanti (mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian) sebelumnya memberikan pendampingan dengan merubah bungkus atau packaging lebih menarik pelatihan dan pendampingan sistem pemasaran, labelisasi kemasan, pendampingan dan pelatihan manajemen keuangan. Kini kelompok akademisi ini memberikan pendampingan dengan mendaftarkan perizinan usaha mikro tersebut melalui Sistem Online Single Submission (OSS) sehingga saat ini usaha tersebut sudah memiliki Nomor Induk Berusaha atau NIB, kemudian membuatkan NPWP serta memberikan alat produksi berupa mesin parutan untuk usaha tersebut.

Bacaan Lainnya

“Terbukti setelah kita berikan alat produksi yang berdampak pada kecepatan produksi berpengaruh pada meningkatnya omset penjualan,” terang Fefi Nurdiana Widjayanti, Jumat (22/4/2022).

Adapun produk dari Rumah Herbal Mak Nyak ini adalah minuman herbal seperti temulawak, jamu kunir asem dan beras kencur yang terbuat dari bahan dasar empon empon.

Fefi merincikan, sebelum adanya pendampingan dari timnya, usaha minuman herbal yang dijalankan oleh ibu-ibu Dasa Wisma Ashter Dahlia itu omset penjualannya perbulan sekitar 250 botol terjual, kemudian setelah dilakukan pengabdian pertama itu naik menjadi 400 botol minuman herbal Mak Nyak terjual dalam sebulannya.

“Kemudian setelah pendampingan saat ini atau pendampingan kedua ini itu omset penjualannya mencapai 800 botol perbulannya,” kata Fefi merincikan.

Panduan Pilih Jenis Usaha Minuman Herbal di OSS

Fefi merasa perlu menjelaskan kepada masyarakat yang memiliki usaha serupa yaitu minuman herbal seperti temulawak, jamu kunir asem dan beras kencur, untuk memahami bahwa dalam sistem perizinan produk tersebut digolongkan dalam minuman herbal.

“Setelah kami berdiskusi dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta BPOM itu jenis produknya dipilih jamu herbal maka persyaratannya akan lebih rumit lagi seperti harus punya ruangan laboratorium, alat-alat laboratorium, dan banyak lagi lainnya yang cukup memberatkan bagi pelaku usaha mikro, sehingga saya sarankan memilih jenis produk minuman herbal yang lebih sederhana persyaratannya,” terang Fefi.

Lebih detil dalam sistem OSS, silakan memilih di kolom bidang usaha yaitu kode 11090 industri minuman lainnya.

Selanjutnya Fefi dan timnya akan mendampingi pengurusan sertifikasi  halal untuk Rumah Herbal Mak Nyak tersebut.

Pos terkait

banner 768x1152