Imbas Covid-19, Ratusan Pekerja Di Bondowoso Dirumahkan

Silahkan Share ke :

Bondowoso, Beritabangsa.com – Pendataan Pekerja di Bondowoso telah dilakukan pada tanggal 4-5 April. Sebanyak 419 pekerja asal Bondowoso dirumahkan. Jumlah tersebut termasuk warga Bondowoso yang bekerja di luar kota dan UMKM yang mengalami penurunan omset akibat mewabahnya virus Corona Virus Disease (Covid-19).

Kepala Bidang Pelatihan, Produktivitas, Penempatan Dan Perluasan Kesempatan Kerja (P4KK) Jamila Fitriyastuti, menjelaskan, jika pendataan dilakukan lebih dari dua hari, maka angka tersebut bisa bertambah. Meskipun demikian, selama pandemi Corona jumlah pekerja Bondowoso yang di PHK masih nihil.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Hadiri Haul, Bupati Bondowoso Harapkan Ponpes Nurut Taqwa Jadi Pusat Perkembangan Ekonomi Kemasyarakatan
banner 1920x1080

Itu dari sektor formal dan informal,” jelasnya saat ditemui awak media di ruangannya, Selasa (21/4/2020).

Pihaknya menghubungi para pengusaha terutama yang bergerak di bidang pariwisata yang merupakan sektor paling banyak terdampak.

Kita menghubungi satu-satu untuk memberikan data pekerja yang dirumahkan atau yang di PHK, untuk perusahan. Kalau yang UMKM kita melalui Diskoperindag,” jelasnya.

Berita Menarik Lainnya:  LPEI Dukung Upaya Pemerintah Tingkatkan Ekspor Nasional

Selain itu, Jamila memprediksi jika pandemi Covid-19 belum berakhir, angka pekerja yang berpotensi kehilangan mata pencaharian bisa  mencapai seribuan.

Ini kebetulan kita sekarang mau menghitung yang masuk lagi. Tapi di luar dua hari tadi. Ini kita masih merekap. Karena kita kemarin juga minta sampai ke desa-desa juga,” imbuhnya.

Berita Menarik Lainnya:  Raup Berkah Bulan Ramadan dengan Kembangkan Usaha Online

Untuk itu pihaknya berharap, baik pekerja maupun UMKM yang mengalami kemerosotan penghasilan dapat tercover dalam kartu prakerja.

Karena kartu prakerja ini sasarannya adalah pekerja yang ter PHK, pekerja yang dirumahkan. Baik formal dan informal. Dan juga UMKM yang terdampak Covid-19,” pungkasnya.

Reporter : Muslim

banner 600x310

Pos terkait