Hasilkan Penghasilan Tambahan dari Blog yang Berkualitas

Ilustrasi FI Cara Membuat File htaccess WordPress
Ilustrasi FI Cara Membuat File htaccess WordPress
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-SURABAYA- Blog memiliki potensi besar di era digital ini karena bisa memberikan banyak manfaat. Antara lain, memberikan informasi pada pembaca, menambah jejaring, dan menjadi sarana membangun personal branding atau online presence bagi blogger. Selain itu, tidak jarang para blogger yang bisa mendapat penghasilan tambahan dari kegiatan blogging.

Muhammad Ariffudin, SEO Content Writer Niagahoster pada kegiatan LiteBites Niagahoster 45.0, mengatakan, blogging yang awalnya hanya sebuah sarana untuk membuat catatan di internet yang bisa dibaca oleh banyak orang, kini membawa banyak manfaat. Tidak hanya bagi pembaca, tapi pastinya bagi blogger itu sendiri.

Bacaan Lainnya
banner 1024x1366

“Ketika blogger mau menulis tentang suatu topik, pasti mereka harus memahami topik tersebut sebelumnya. Caranya bisa dengan riset atau membaca informasi dari sumber terpercaya, sehingga hasil tulisannya kredibel dan valid. Tidak jarang kita sebagai blogger juga dapat ilmu baru sebelum menulis sesuatu,” kata pria yang akrab disapa Arif itu.

Berita Menarik Lainnya:  Inovasi Terbaru, Helm Khusus Bagi Hijabers

Blog yang memiliki topik tertentu lebih mudah untuk dikenal sebagai ahli di suatu bidang yang diusung. Pengunjung pun akan kembali ke blog tersebut jika membutuhkan info untuk bidang yang terkait. “Punya niche atau topik utama pada blog memudahkan untuk monetisasi sesuai topik yang diangkat. Jadi blogger sebaiknya mencari satu topik yang benar-benar dikuasai dan konsisten,” lanjutnya.

Memiliki niche dan konsistensi adalah beberapa cara untuk menghasilkan blog berkualitas yang nantinya akan mudah untuk dimonetisasi. Baik menggunakan adsense atau dengan cara lain.

Tingkatkan Kualitas Blog Sebelum Monetisasi

Membuat blog harus dipikirkan matang-matang. Dari mulai memilih niche, memilih platform gratis atau berbayar, hingga menentukan nama blog agar brandingnya bagus.

“Nama blog atau domain harus benar-benar dipikirkan secara matang karena tidak bisa diedit lagi, terutama jika membuat domain dengan ekstensi populer seperti .com atau .co.id. Sebaiknya pilih nama blog yang mudah dieja dan maksimal 63 karakter. Lalu usahakan tidak menggunakan angka atau tanda penghubung,” ujar Arif membagikan tipsnya.

Kemudian, blogger juga harus konsisten untuk memperbanyak jam terbang menulis dan mengasah kualitas konten agar bisa menyajikan blog yang berkualitas. Semakin diasah, akan semakin banyak skill yang bisa dipelajari untuk menambah kualitas konten. Misalnya fotografi atau videografi. Sehingga konten blog semakin bagus dan beragam.

Berita Menarik Lainnya:  Gelar Sertifikasi Tour Guide, Panglima Ekspres Gandeng Kemenpar dan LSP PARAS

Kualitas blog juga bisa ditingkatkan dengan memodifikasi desain dan tampilan blog supaya terlihat rapi. Selain itu, kecepatan dan keamanan blog juga penting untuk diperhatikan agar pengunjung semakin merasa nyaman saat menjelajahi blog. Ditambah lagi, blogger bisa mengoptimasi SEO agar konten blog bisa muncul di pencarian Google, sehingga kemungkinan untuk mendapat trafik semakin tinggi.

Jangan Buru-Buru Pasang Adsense

Merawat blog dan memberikan konten berkualitas adalah tantangan utama bagi para blogger. “Tantangan lain adalah untuk tidak buru-buru memasang adsense. Sebaiknya tunggu sekitar 7-8 bulan setelah memulai blog, atau lebih baik satu tahun. Tunggu sampai konten sudah banyak dan konsisten. Hal itu juga sebagai bentuk merawat blog sebelum dimonetisasi,” tutur Arif.

Arif menambahkan, ketika blog sudah bisa memasang adsense, sebaiknya pasang adsense dengan wajar. “Jangan sampai terlalu banyak hingga menutupi konten website, apalagi sampai lebih banyak iklan daripada kontennya. Usahakan juga memasang iklan yang sesuai atau terkait dengan tema blog kita,” sarannya.

Berita Menarik Lainnya:  Sarung Tenun yang Tembus Pasar Timur Tengah di Jombang Ini Optimis Bangkit dari Tidur

Adsense bukan satu-satunya cara untuk mengantongi penghasilan tambahan dari blog. Arif mengatakan ada cukup banyak cara untuk bisa mendapatkan tambahan cuan dari blog. “Ketika blog sudah banyak dikenal, blogger memiliki kesempatan besar untuk diminta mempromosikan produk atau layanan brand tertentu di blognya, atau yang dikenal dengan nama keren yaitu endorsement,” ujarnya.

Selain itu, ada pula program afiliasi yang sekarang sudah banyak dimanfaatkan untuk mendapatkan komisi jika blogger berhasil membuat pengunjung blognya membeli suatu produk lewat referal link yang diposting, “Kemudian jika sudah sukses dan punya banyak pembaca setia, blogger juga bisa memanfaatkannya untuk melebarkan sayap dengan menjual produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan pembacanya,” tutupnya.

Yang terpenting adalah mulai konsisten merawat blog untuk menjadi blog yang berkualitas dari berbagai aspek sebelum memulai memonetisasinya. Dari mulai nama blog, konten, desain, tampilan, kecepatan, keamanan, hingga optimasi SEO untuk mendapatkan trafik dan pengunjung setia.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280