Diskoperindag Gelar Seminar dan Pembinaan Terhadap Pengusaha Tape

Silahkan Share ke :

Bondowoso, Beritabangsa.com – Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) melakukan Seminar Laporan Pendahuluan dalam teman penyusunan kajian pola pengembangan sentra industri tape pada binaannya, di Aula Diskop setempat, Kamis (5/3).

Dalam seminar tersebut, pihaknya melibatkan 5 sentra tape, yakni dari Desa Wringin, Binakal, Sumber Tengah Jambesari, dan Sukosari. Dalam jumlah peserta 30 orang, diantaranya pengusaha dan perangkat desa setempat.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Dikbud Bondowoso Siap Uji Coba KBM Tatap Muka Di Lima Sekolah
banner 1920x1080

Kita ini akan lebih serius melalui sentra-sentra Tape yang ada. Sebab, lebih besar dari pada kita memberikan pembinaan per individu,” ungkap Kepala Bidang Perindustrian Diskoperindag Bondowoso, Agung Hidayat.

Menurutnya, tape yang selama ini menjadi salah satu produk Bondowoso, tetap menjadi prioritas dari pemerintah dalam pembangunannya. Karena kata dia, hal itu menghidupi banyak orang. Dan juga ribuan orang terlibat dalam produksi penjualan tape.”Dan ini lebih difokuskan lagi melalui pengembangan sentra tape,” urainya.

Berita Menarik Lainnya:  Kunjungi Kominfo, Begini Pesan Wabup Irwan

Dia mengaku, terkait bahan baku seperti  singkong yang menjadi salah satu bahan produksi tape. Dinilainya bahan baku tersebut relatif murah.

Dijelaskannya, bahwa hal ini adalah salah satu bentuk sinegritas. Namun tak hanya urusan tape, apapun untuk membangun Bondowoso menjadi lebih melesat, pihaknya tetap mengedepankan sinegritas.

Betul, harga bahan baku itu, kita sinerginya dengan pembina di sisi bahan bakunya,” terangnya.

Harapannya kedepan kata dia, tape Bondowoso itu akan lebih berkembang lagi dengan produk-produk turunannya. Sentranya lebih tertata dan sentra itu bisa menjadi objek wisata alternatif. “Tape akan berjaya,” harapnya.

Berita Menarik Lainnya:  LAZ Sidogiri Bondowoso Berikan Bantuan Pada Nenek Satriya Duafa Di Desa Kembang

Dalam cacatan Diskoperindag Bondowoso, pengusaha tape yang ada saat ini sekitar 200 pengusaha. Sedangkan, sentra tape binaan Diskoperindag, ada di Desa Sumber Tengah Kecamatan Binakal dan juga di Desa Wringin Kecamatan Wringin. Akan tetapi sentra tersebut kata dia, belum tertata dengan baik.

Artinya, infrastruktur itu belum tertata dengan baik, manajemen tata kelolanya belum, sentra ini akan kita sentuh awal,” pungkasnya.

Reporter : Muslim

banner 600x310

Pos terkait