Apa itu Hari Pelanggan Nasional? Ini Tanggal dan Sejarahnya

Sumber foto: unsplash.com
Sumber foto: unsplash.com
Silahkan Share ke :

Pernah mendengar istilah Harpelnas? Harpelnas adalah kepanjangan dari Hari Pelanggan Nasional yang resmi dirayakan setiap tanggal 4 September. Banyak hal menarik menjelang dan saat terjadinya Hari Pelanggan Nasional ini, salah satunya adalah diskon.

Mengingat ini adalah peringatan untuk para pelanggan yang aktif berbelanja maka para pelaku usaha, baik secara online maupun offline, berlomba-lomba untuk merayakannya dengan memberikan promo atau diskon khusus kepada pelanggan.

Bacaan Lainnya

Namun, sebelum berbelanja saat Harpelnas 2022 nanti, sebaiknya sebagai pelanggan juga perlu menyelami dulu sedikit informasi tentang hari pelanggan nasional Indonesia, sejarah harpelnas, hingga tujuan diadakannya Harpelnas. Yuk, baca pemaparan di bawah ini sampai akhir, ya!

Tujuan Adanya Harpelnas

Tujuan adanya Harpelnas adalah untuk memberikan apresiasi tinggi pada pelanggan atau pembeli. Apresiasi yang diberikan biasanya berupa promo Hari Pelanggan Nasional atau diskon khusus saat Harpelnas.
Uniknya, tujuan tersebut juga berbanding lurus dengan logo Harpelnas. Bukan sembarangan, ternyata logo tersebut punya makna tersendiri. Logo Harpelnas memiliki warna dominan hijau. Warna ini menunjukkan simbol persahabatan dan keramahan.

Berita Menarik Lainnya:  Jatim Komitmen Transaksi Belanja PDN-UMKM Rp2,293 Triliun di 2022

Lalu, di bagian kiri terdapat gambar dengan bentuk seperti bibir yang sedang tersenyum. Gambar tersebut memiliki filosofi senyuman pelanggan yang puas akan pelayanan dari penjual. Jika digabungkan dengan warna hijau tadi, bisa disimpulkan bahwa logo ini punya senyum yang ramah menunjukkan bahwa pelanggan puas dengan pelayanan dari penjual.

Sedangkan, di bagian kanan logo ada tipografi yang disertai warna hijau. Tipografi tersebut berjejer tiga kata dari atas ke bawah dengan bertuliskan “Hari Pelanggan Nasional”. Ada makna tersendiri dari tipografi ini, yaitu menunjukkan sifat yang rendah hati dan juga keinginan untuk terus berkembang menjadi lebih baik.

Berita Menarik Lainnya:  Wow, Prospek Cerah Bisnis Ikan Asap Dringu Probolinggo, Kini Terus Dikembangkan Bumdes

Lalu, bagaimana cerita awal mula Harpelnas ini terjadi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya simak dulu sejarah Hari Pelanggan Nasional di bawah ini, ya.

Sejarah Harpelnas

Bisa dibilang, Hari Pelanggan Nasional memiliki sejarah yang cukup inspiratif. Pada awalnya, Harpelnas diresmikan tahun 2003 silam tepatnya di tanggal 4 September. Saat itu Handi Irawan, seorang pengusaha dari Solo, memiliki ide cemerlang agar perusahaannya berorientasi pada pelanggan. Ia juga menginginkan adanya budaya pelayanan terbaik untuk para konsumennya.

Kemudian, ide ini pun diteruskan kepada presiden yang saat itu tengah menjabat, yaitu Megawati Soekarnoputri. Kabar baiknya, ide ini diterima dengan sangat positif hingga tercetuslah Hari Pelanggan Nasional.

Peresmian Harpelnas saat itu dihadiri oleh sekitar 200 direktur utama dari berbagai macam perusahaan. Ada juga direktur BUMN yang turut mendukung peresmian pertama Harpelnas. Menariknya, pada saat itu juga sekitar lebih dari 500 perusahaan pun turut menyambut positif peresmian Harpelnas.

Berita Menarik Lainnya:  Gerai Makanan Cepat Saji Sam Chik Dilalap si Jago Merah

Sejak saat itu pula, setiap tahun para pelaku bisnis atau penjual mulai merayakan Harpelnas dengan berbagai cara, salah satunya adalah promo Hari Pelanggan Nasional. Promo seperti ini juga berlaku di Blibli dimana mereka merayakan harpelnas 2022 dengan memberikan banyak diskon dan promo menarik untuk berbagai kebutuhan pelanggannya.

Produk yang diberi diskon saat Harpelnas 2022 di Blibli adalah barang berupa kecantikan, kebutuhan rumah tangga, kebutuhan anak, makanan dan minuman, barang elektronik, dan kebutuhan pokok lainnya.

Salah satu yang paling menonjol adalah diskon 30% untuk satu kemasan minyak goreng 2000mL dari berbagai merek! Jadi, jangan ketinggalan diskon menarik dan segera tandai tanggal 4 September untuk segera borong barang-barang di Blibli, ya!

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280