Wujudkan Koperasi Tangguh, Begini Upaya Diskopum

Bupati
Gubernur Jatim Khofifah saat memberikan penghargaan kepada Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-LAMONGAN – Hingga kini, koperasi masih tetap berupaya maksimal berinovasi untuk mendapatkan tempat di hati masyarakat. Hal itu dilakukan sebagai bentuk upaya mempertahankan eksistensinya di tengah gempuran persaingan dalam situasi Covid-19.

Upaya tersebut diimplementasikan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan, dengan melakukan pembinaan rutin kepada paguyuban, upgrading kompetensi SDM hingga program peningkatan kapasitas koperasi dan UKM.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  MWC NU & Lazisnu Tambaksari Bangun Huntara Korban Erupsi Semeru
banner 1024x1366

Langkah strategis pun dilakukan Diskopum Lamongan melalui program unggulan pemeriksaan kesehatan koperasi mampu meningkatkan tren positif jumlah koperasi di Lamongan.

Tercatat pada tahun ini koperasi di Lamongan berjumlah 1.349 dengan rincian koperasi aktif sebanyak 1.103 atau 81,7 persen dengan jumlah anggota sebanyak 113.580 orang.

Kepala Diskopum Lamongan Agus Suyanto mengatakan bahwa pemeriksaan koperasi merupakan salah satu cara untuk mewujudkan koperasi yang kuat, sehat, mandiri, tangguh, berdaya saing sesuai jatidiri koperasi.

Sehingga selain dapat meningkatkan akuntabilitas juga memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada anggota dan masyarakat.

Berita Menarik Lainnya:  Harga Bahan Sembako Kota Probolinggo Alami Inflasi Di bulan Oktober

“Koperasi melakukan modernisasi, yang dulu cuma simpan pinjam sekarang lebih luas, ada koperasi produsen, koperasi konsumen, koperasi pemasaran hingga koperasi jasa yang tentunya keberagaman ini diperoleh dengan regulasi yang sudah diberikan oleh pemerintah,” jelas Agus.

Sedangkan untuk program mendukung tumbuh kembangkan usaha mikro juga terus digerakkan, mulai dari memunculkan bibit-bibit pengusaha di kalangan milenial melalui program Megpreneur (Megilan Preneur), kemudahan dalam memperoleh Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) bagi pelaku usaha mikro hingga sertifikat halal bagi produk usaha mikro di Kabupaten Lamongan.

Berita Menarik Lainnya:  Tertibkan Reklame 'Nakal', Satgas Pajak Sebut Pemilik Tak Merespon

Seiring keseriusan dalam melakukan pembinaan dan penguatan kepada 1.349 Koperasi dan 254.206 Usaha Mikro mampu mengantarkan Bupati Lamongan meraih penghargaan Kepala Daerah Kabupaten/Kota Pembina Koperasi Terbaik di Jatim.

Sementara, penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam acara Puncak peringatan Hari Koperasi (Harkop) ke-75 pada 2022 Provinsi Jatim dan pembukaan K-UKM Expo ke-9 pada 2022 di Ballroom Lantai IV Grand City Kota Surabaya, Rabu (27/7) bersama empat kepala daerah lainnya di Jatim.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280