Wapres Makruf Amin Batal Temui Korban Semeru, Diganti Vidcon

Wapres RI KH. Ma'ruf Amin dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat Vidcon untuk mengetahui penangan lebih lanjut | Foto: Humas Pemprov Jatim
Wapres RI KH. Ma'ruf Amin dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat Vidcon untuk mengetahui penangan lebih lanjut | Foto: Humas Pemprov Jatim
Silahkan Share ke :

Beritabangsa.com, Surabaya – Wakil Presiden Makruf Amin, batal mengunjungi rencana menuju dua titik terdampak Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru di Posko Pengungsian Terpadu Penanggal dan Kampung Renteng di Kecamatan Candipuro, Lumajang Kamis (16/12) siang.

Pasalnya, pada pukul 09.30 WIB Gunung Semeru kembali mengeluarkan awan panas guguran.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan informasi dari Pos Pantau Gunung Sawur, jarak luncur APG kali ini diperkirakan turun hingga jarak 3,8 kilometer dari gunung kabut ke arah Besuk Kobokan.

Akhirnya acara kunjungan Wakil Presiden RI Makruf Amin, ke Lumajang diganti Video Conference guna mengupdate penanganan dan situasi pasca Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru Lumajang dari ruang Very Important People (VIP) Room di Bandara Internasional Juanda, Surabaya di Sidoarjo, Kamis (16/12/2021).

Berita Menarik Lainnya:  Kapolda Jateng Instruksikan Seluruh Jajarannya Untuk Tidak Mentolerir Pelaku Premanisme

Di sini Wakil Presiden Republik Indonesia Makruf Amin usai mendengarkan laporan dari Kepala BNPB, Gubernur dan Bupati terkait kondisi terkini di Lumajang langsung memerintahkan jajaran Kementrian PUPR menindaklanjuti penanganan para pengungsi utamanya Huntara dan Huntap.

Adapun terkait hunian akan terus dibahas dan dirancang, baik secara hunian sementara ataupun relokasi serta hunian tetap.

Tujuannya, untuk memberikan ketenangan kepada masyarakat terhadap masa depan tempat tinggal pasca APG.

“Kementerian PUPR telah selesai membuat pendataan dan titik lokasi yang akan dibuatkan untuk masyarakat terkait tempat tinggal sudah selesai. Keputusan juga sudah ditetapkan dan rencana pembangunan akan segera dilaksanakan oleh Kementrian PUPR terkait jalan, jembatan hingga rumah hunian sementara,” ungkapnya.

Berita Menarik Lainnya:  Wapres Makruf Amin dan Gubernur Khofifah Pastikan Huntara dan Huntap Korban Erupsi Semeru Segera Dibangun

Wapres RI meminta masyarakat untuk tidak panik dan tetap berada dalam zona aman. Karena Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat akan berkomitmen penuh memberikan penanganan serta memberikan solusi bagi masyarakat terdampak. Utamanya dalam hal relokasi rumah dan penyediaan infrastruktur.

“Kami berkomitmen untuk menuntaskan dan menangani masalah yang dihadapi masyarakat dampak APG Semeru,” kata Wapres RI Ma’ruf Amin.

“Kami bersama KLHK dan PUPR di sini hadir untuk memberikan penjelasan kaitannya penentuan lokasi yang sudah selesai. Surat Keputusannya sudah ditetapkan dan rencana pembangunannya akan segera dilaksanakan oleh PUPR,” imbuhnya.

Pemerintah Pusat melalui Menteri KLHK telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Penggunaan Kawasan Hutan (PKH) yang berisi persetujuan penggunaan lahan milik Perhutani seluas 90,98 ha sesuai SK Nomor 1256/MENLHK/ SETJEN/ PLA:/12/2021.

Berita Menarik Lainnya:  Wabah PMK Menyerang, Satgas akan Tutup Pasar Hewan

Lebih lanjut, Wapres RI juga memastikan seluruh perbaikan infrastruktur dan fasilitas umum tertangani dengan baik.

“Melalui kementerian PUPR kami akan pastikan perbaikan infrastruktur dan fasilitas umum bisa dilakukan percepatan. Juga dengan pendirian Huntara. Karena saat ini lahannya sudah siap,” kata Makruf Amin

“Insya Allah tempat tinggal akan dibangun, jalan juga akan dibangun. Kami harap warga tetap sabar dan menunggu. Jangan khawatir, kami akan menyelesaikan persoalan ini,” yakinnya

Wapres RI juga mengapresiasi penyiapan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) guna relokasi masyarakat terdampak APG Semeru yang telah diinisiasi oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

“Saya apresiasi ide dari Pak Bupati yang akan mewujudkan konsep Desa Terpadu dalam Relokasi hunian warga terdampak. Kami mohon koordinasi tetap lancar agar kita semua terintegrasi,” ucapnya.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280