Staf Ahli Panglima TNI dan Kapolres Kendal Hadiri Pembukaan Festival UMKM-IKM Kendal 2021

Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto, yang mendampingi Staf Ahli Panglima saat menghadiri Festival UMKM | Foto: Sakur
Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto, yang mendampingi Staf Ahli Panglima saat menghadiri Festival UMKM | Foto: Sakur
Silahkan Share ke :

Beritabangsa.com, Kendal – Untuk mengangkat potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kabupaten Kendal, Forum Pengusaha Kendal (FPK) melaksanakan berbagai kegiatan di Pabrik PT Terryham Proplas Indonesia di Arteri Kaliwungu, Kamis (9/12/2021) – Jumat (10/12/2021).

Dengan merangkul Bank Jateng, acara yang bertema Gerakan Membangun Satu Ekosistem UMKM – IKM Untuk Ketahanan Ekonomi Sebagai Wujud Bela Negara, diikuti ratusan UMKM di Kabupaten Kendal.

Bacaan Lainnya

Staf Ahli Panglima TNI, Mayjend Budi Pramono yang hadir, mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM-IKM di Kabupaten Kendal.

Berita Menarik Lainnya:  Takjil Adalah Sedekah Di Bulan Ramadhan, PSHT Ranting Maesan Beri Takjil Gratis Pada Pengendaran

Menurutnya, pengembangan kawasan industri di berbagai Kabupaten di Indonesia, tentunya menjadi peluang bagi pelaku UMKM-IKM untuk menjadi mitra industri besar yang berinvestasi di kawasan industri/terpadu itu.

“Sehingga akan memberikan dampak ekonomi pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Budi Pramono kepada wartawan.

Sementara itu Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto, yang mendampingi Staf Ahli Panglima ini, mengatakan sesuai kebijakan Presiden Republik Indonesia tugas Polri saat ini tidak hanya mengamankan menjaga dan mengawal kelangsungan dan memastikan investasi bisa berjalan dengan baik.

“Kali ini kita kawal pelaksanaan Presiden itu dengan pelayanan, dari unsur pemerintah dan swasta, tujuan yang pertama ini mengawal kelangsungan UMKM yang baik, ada kolaborasi pelaku industri UMKM sesuai industri yang ada di Kendal ini kita akan kawal ekonomi wisata, dan tidak hanya industri wisata kita juga akan dorong UMKM sehingga bisa menambah kemakmuran masyarakat,” ujar Kapolres Kendal.

Berita Menarik Lainnya:  Kapolres Kendal Bersama Bupati Kendal Launching Squad Dan Jersey PERSIK Kendal

Ketua Forum Pengusaha Kendal (FKP), Syamsunar, menjelaskan dengan kegiatan ini diharapkan IKP mampu mendorong kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk mengarahkan belanja modal dan barang produk dalam negeri sebagai upaya mendukung berkembangnya pelaku usaha lokal.

Untuk itu, ia mengajak semua pihak untuk bergerak mempersiapkan produk – produk unggulan daerah.

“Kita sudah saksikan produk lokal UMKM dan IKM Kendal, diminati pasar mancanegara. Hal itu menunjukkan potensi produk kita begitu kuat dan perlu dikembangkan, sehingga memiliki nilai tambah,” terang Syamsunar usai membuka kegiatan Festival UMKM-IKM.

Dengan begitu, UMKM-IKM di Kendal tidak hanya terkenal membuat produk lokal saja, tetapi sudah saatnya mulai bertransformasi ke produk-produk berbasis teknologi untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing produk UMKM-IKM.

Berita Menarik Lainnya:  Tiga Kali Pemberitahuan, Turunnya Tim Telaah PWNU Jatim Selalu Ditunda

Untuk itulah, FKP menggelar berbagai kegiatan di antaranya FGD, Launching Warung UMKM – Koperasi Kends UPVC, MoU UMKM dengan Koperasi Kends UPVC – PT Terryham Proplas Indonesia.

Selain Festival UMKM dan IKM juga ada Training Marketing Freelance, vaksinasi bersama Kodim 0715/Kendal dan pembagian voucher belanja bagi pengunjung yang sudah divaksin.

“Saya kira, dengan berbagai kegiatan semacam ini, mungkin bisa hadirkan tourism yang berbasis pengembangan teknologi. Karena sekarang produk apapun di era digital ini dari pelosok desa manapun dengan digitalisasi bisa terhubung ke seluruh dunia ke market yang sangat besar,” tukasnya.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280