RHU Buka, Tapi Pemkab Sidoarjo Belum Keluarkan Izin Operasional

Ilustrasi RHU | Foto: ngopibareng.id
Ilustrasi RHU | Foto: ngopibareng.id
Silahkan Share ke :

Beritabangsa.com, Sidoarjo – Sejumlah rumah hiburan umum (RHU) dan rumah karaoke di Sidoarjo sudah banyak yang buka operasional. Namun Pemkab Sidoarjo belum mengeluarkan izin menyusul masuknya Sidoarjo di level 2 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negri (INMENDAGRI) no 57 tahun 2021 tentang PPKM situasi Corona Virus Disease 2019 wilayah Jawa dan Bali, Kabupaten Sidoarjo masuk kategori Level 2.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Pendaftaran Bakal Calon Perangkat Desa Klitik, Akan Segera Ditutup
banner 1920x1080

Dengan begitu untuk kegiatan ekonomi baik skala makro maupun mikro ada kelonggaran. Tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat

Melihat itu sejumlah pengusaha di Sidoarjo, menyambut baik termasuk pengusaha Rumah Hiburan Umum (RHU).

Namun fakta mengejutkan di Pemkab Sidoarjo, sesuai pernyataan Drs. Djoko Supriyadi, Kepala Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata Sidoarjo, ketika dikonfirmasi wartawan beritabangsa.com via WhatsApp.

Berita Menarik Lainnya:  Sah! KH Marzuki Mustamar Lantik PCNU Kota Kediri Masa Khidmat 2021-2026

Djoko mengatakan Pemkab Sidoarjo sampai hari ini belum pernah mengeluarkan surat izin apapun soal operasinya RHU.

“Pemda belum mengeluarkan izin Mas ! terkait mulai dibukanya tempat hiburan, sampai hari ini pedoman kita adalah Inmendagri 57 tahun 2021,” katanya, Senin (15/11/2021).

Ketika ditanya soal RHU yang masih melayani tamu melebihi jam yang sudah ditentukan dalam Inmendagri pukul 21.00 WIB, Djoko mengatakan kalau itu bukan wewenang Dinas yang dipimpinnya melainkan wewenang pihak kepolisian dan Satpol PP.

Berita Menarik Lainnya:  TNI – Polri bersama MWC NU Grujugan dan Fatayat Bagikan Sembako untuk Warga Terdampak PPKM

“Kalau soal RHU yang buka di atas jam yang sudah ditentukan itu wewenangnya Polisi dan Satpol PP mas. Kita hanya sifatnya membina,” pungkas Joko.

Dalam Inmendagri 57 tahun 2021, daerah yang berada di level 2, seluruh Cafe atau Resto yang berada di dalam suatu gedung atau ruangan boleh buka dengan ketentuan dibatasi sampai pukul 21.00 WIB. Bahkan pengunjung dibatasi 50% dari kapasitas.

banner 600x310