‘Rame – rame’ Puluhan Petani Geruduk Gandok Purwoasri, Ini Pemicunya !

Dari kanan PPL Dinas Pertanian Dwi Handayani, Kades Purwoasri Saiful Bahri, dan Babinkamtibmas dan ketua BPD (foto: Salman)
Dari kanan PPL Dinas Pertanian Dwi Handayani, Kades Purwoasri Saiful Bahri, dan Babinkamtibmas dan ketua BPD (foto: Salman)
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-JEMBER- Puluhan petani rame-rame mendatangi Gandok Desa Purwoasri Kecamatan Gumukmas, menginginkan tambahan kios pupuk agar petani membeli pupuk lebih dekat dan hemat biaya.

Aspirasi petani disampaikan di depan Kepala Desa, Ketua BPD, Babinsa dan Babinkamtibmas serta Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Purwosari terkait titipan pupuk di Desa lain yaitu Tembokrejo, Bagorejo, dan Gumukmas.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Apel Sinergitas TNI-Polri 2022, SIKOKO Kunci Sukses Pembangunan
banner 1920x1080

Kades Purwoasri Saiful Bahri, kepada beritabangsa.com, mengatakan pihak Pemdes mendukung langkah petani untuk mengembalikan pupuk yang dititipkan di kios di luar desanya.

“Kami juga akan mengundang 8 kelompok tani Desa Purwoasri Minggu ini, soal kios baru kami sangat mendukung, karena memudahkan petani dan mudah diawasi,” paparnya.

Sementara Ketua Kelompok Tani Maju Nurul Yaqin, berharap kepada pihak Pemerintah Desa atau instansi terkait, agar pupuk yang dititipkan agar dikembalikan ke kios baru yang mengajukan ke distributor pupuk wilayah Dusun Krajan RT 001 RW 005 Desa Purwoasri, Kecamatan Gumukmas, Sabtu (29/1/2022).

Berita Menarik Lainnya:  Akhirnya, PT PLN Persero Perbaiki Kabel Listrik Kendor

“Yang jelas pembelian pupuk di kios pupuk UD. Sumber Barokah untuk mendapatkan pupuk bersubsidi sulit, dengan alasan pupuk ini punya orang,” jelasnya.

“Apalagi pembelian pupuk bersubsidi tidak pernah dikasih nota, tidak sesuai petunjuk Dinas Pertanian, dan tidak masuk RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok) di kiosnya sesuai petunjuk Dinas,” terang Yaqin.

Di tempat yang sama, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Dwi Handayani, mengatakan untuk kios resmi di Desa Purwosari hanya ada satu dan melayani 8 kelompok pertanian.

Berita Menarik Lainnya:  Pasar Paiton Probolinggo Siapkan Layanan Pasar Online Berbasis Digital

“Bahwa saat ini sudah ada kios resmi di Dusun Krajan RT 001 RW 005 Desa Purwoasri, tetapi ada pro dan kontra di dalam keanggotaan,” tuturnya.

Pihak kios, dibantu sama Kades untuk melobi distributor, dan Dinas Pertanian agar setuju pengadaan kios baru, semua diserahkan ke distributor.

“Ketika kami datangi untuk konfirmasi pemilik UD Sumber Barokah di tempat kerjanya dan di rumahnya namun yang bersangkutan tidak ada di tempat,” tutupnya.

banner 600x310

Pos terkait