Truk Aspal Terguling, Timpa Rumah Ricky Richardo, Recovery Tebing Ditunggu

Rumah yang tertimpa truk, Rabu (24/11/2021) | Foto: Istimewa
Rumah yang tertimpa truk, Rabu (24/11/2021) | Foto: Istimewa
Silahkan Share ke :

Beritabangsa.com, Jember – Rumah tinggal keluarga Ketua Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Jember, tertimpa truk pengangkut aspal hotmix panas, Senin (22/11/2021).

“Bruuukk !,” Truk terguling dari atas bahu jalan. Aspal tumpah menimpa rumah Ricky Hasudungan Richardo, warga Dusun Gumitir, Desa Kamal, Kecamatan Arjasa, berserakan.

Bacaan Lainnya
banner 1920x1080

Penghuni rumah yang kala itu lengkap, semburat keluar. Dua orang tamu juga berlarian menjauhi teras pendopo rumah tempatnya duduk tetamuan.

Sial. Truk nahas itu bodinya membuat tiga unit sepeda motor yang diparkir di selatan teras rumah milik aktivis Pejuang Rakyat ini ikut penyok.

“Ada tiga unit sepeda motor ikut ringsek sebagian,” beber Ricky dikonfirmasi kemarin.

Beruntung anak dan istri Ricky selamat. Tidak terluka sedikitpun. Hal itu karena bongkahan aspal dan bodi truk tidak menimpa bagian tengah rumah. Hanya samping dan depan saja.

Berita Menarik Lainnya:  Prihatin dengan Kondisi Korban Banjir, Pasukan GP Ansor Bondowoso siap Berjibaku dengan Lumpur

Rumah masih berdiri kokoh. Meski sebagian telah rusak. Akibatnya, rumah aktivis Pejuang Rakyat ini ramai didatangi tetangga.

Mereka bergotong – royong membersihkan material yang berserakan. Tak selang berapa lama, jajaran Kepala Desa, Kapolsek Arjasa, Babinsa dan Camat Arjasa datang melihat situasi.

Longsor Susulan

Sebelum, kehadiran para petinggi Kecamatan Arjasa, terjadi longsor susulan di bekas tergulingnya truk ini.

Tanah tebing belakang rumah dan samping rumah longsor dan menggunung tertahan bangunan. Tidak sampai menyeret bangunan rumah.

Ricky, kepada wartawan, sebenarnya tidak ingin diwartakan. Tapi wartawan berhak mengungkap kejadian yang aktual, apalagi terkait bencana longsor.

Kondisi truk yang menimpa Rumah warga, Rabu (24/11/2021) | Foto: Istimewa
Kondisi truk yang menimpa Rumah warga, Rabu (24/11/2021) | Foto: Istimewa

Kata Ricky, Truk bernomor polisi P 8376 UR ini sedang melintas di jalan berbukit. Di bawah lereng jalan ada rumahnya, seperti lazimnya rumah warga Dusun Gumitir, Desa Kamal, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember ini menempati tanah mereka di dataran tinggi.

Berita Menarik Lainnya:  Peduli, FIFGROUP Jember Salurkan Paket Sembako Bagi Warga Terdampak Pandemi

Kala kejadian, dirinya sedang tidak ada di rumah. Sedang menemui Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi. Namun, di rumah sedang ada tamu yang survei daerah rawan longsor.

“Saya dikabari ada tamu banyak di rumah, makanya saya berniat pulang dari Jember Kota, butuh 45 menit agar sampai rumah,” ujarnya.

Di saat itulah, Ada truk Colt Diesel Dyna Mitsubishi, milik Aspal Mixing Plant (AMP) pengusaha Desa Gambor, Banyuwangi, mengalami nahas. Terperosok dan terguling menimpa rumahnya.

Begitu tiba di rumah, kondisi sudah berserakan dan amburadul. Mirisnya, kondisi tanah di sekitar rumah sangat rawan longsor susulan. Karena posisinya sudah terbuka.

Sementara, di saat kejadian berlangsung ada istri Ricky Richardo, Ikrimah (25) bersama dua anaknya.

“Pas kejadian, kami juga sedang kedatangan Ketua PK Golkar Arjasa dan Ketua PK Golkar Jelbuk. Mereka sedang melakukan survei longsor di selatan rumah ini,” ungkap Ikrimah.

Berita Menarik Lainnya:  Pakar Biologi ITS Tanggapi Fenomena Terdamparnya Paus di Bangkalan

“Alhamdulillah anak saya Amrin dan Ilyas selamat dari musibah ini,” imbuhnya.

Informasi yang didapat, hingga hari kedua paska musibah ini belum ada kejelasan dari pengusaha AMP Banyuwangi ini terhadap keluarga Ricky.

Proses evakuasi telah dilakukan besoknya. Namun sejumlah rekan Ricky, sesama aktivis Pospera meminta pihak terkait bertanggung jawab atas musibah ini.
Terutama pemilik truk.

Selain kurang berhati – hati, mereka tidak menghitung situasi medan jalan yang dilalui. “Ngawur saja lewat, yang penting material sampai tanpa menghitung safety orang lain,” ujar Fatur, rekan Ricky simpatik.

Untuk nilai kerugian yang diderita Ricky Richardo, masih dihitung oleh Camat Arjasa bersama Forkopimcam setempat, berdasarkan monitoring di hari nahas kemarin.

Sementara Ricky Rickhardo Hasudungan Tumanggor, Ketua Pospera Jember, tidak mau memberikan komentar panjang lebar.

“Saya malu Mas, evakuasi sudah dilakukan kemarin, hanya saja belum ada kabar apapun dari Pemerintah terkait recovery tebing ini,” ujarnya.

banner 600x310