Tak Hanya Siapkan Obat-obatan, PMI Bondowoso Juga Ikut Penanaman Reboisasi di Gunung Suket

Silahkan Share ke :

Bondowoso, Beritabangsa.com – PMI (Palang Merah Indonesia) Bondowoso bersama 79 organisasi atau komunitasnya turut ambil bagian dalam kegiatan Reboisasi dilereng Gunung Suket, Dusun Mlaten, Desa Jampit, Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso yang di pada 1 Maret 2020, Mereka yang tergabung dalam satu forum, yaitu Forum Reboisasi Bondowoso.

Ketua PMI Kabupaten Bondowoso, Muhammad Iqbal Afif, menjelaskan, pihaknya sudah berada di lokasi sehari sebelum acara penanaman. Karena, PMI Bondowoso menyadari, bahwa menjaga kelestarian alam adalah tugas bersama tak terkecuali organisasi kepalang merahan.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Sebut Bina 130 Toko Tradisional, Wabup Irwan : Toko Sekitar Swalayan Agar Bisa Berkembang
banner 1920x1080

Kita hadir disini bukan hanya untuk menyiapkan obat-obatan untuk para relawan yang membutuhkan, tapi kami juga terjun ke gunung suket melakukan penanaman,” jelasnya.

Sementara Juru bicara Forum Reboisasi Bondowoso (FRB), Slamet Riadi mengatakan bahwa awal hanya ada 14 komunitas yang sepakat melakukan reboisasi. Namun hingga saat ini jumlahnya terus bertambah hingga mencapai 80 lebih Komunitas.

Berita Menarik Lainnya:  Yosua Tewas di Dapur Kedai Mie Move On, Simak Ceritanya

Mereka berasal dari berbagai daerah, ada yang dari Jember, Banyuwangi, Situbondo, bahkan ada yang dari sidoarjo dan surabaya, tapi mayoritas dari bondowoso. Semua peserta ada sekitar 1.500,” tuturnya.

Adapun, ribuan tanaman campuran yang didapatkan dari sumbangan masyarakat secara sukarela diantaranya, Juwet, Kersen, Mahoni, Trembesi, Alpukat, Lamtoro, Cemara, Sengon, Pete, Manting, Sirsat, Jambu dan sebagainya.

Berita Menarik Lainnya:  Penyebab Kecelakaan Vanessa Angel, Kapolres Jombang: Masih Menunggu Kondisi Sopir Pulih

Sebelum acara penanaman, Apel kesiapan dan dilakukan penandatangan nota kesepahaman masyarakat Bondowoso dalam aksi serangan reboisasi 1 Maret 2020,  oleh Kapolres Bondowoso, Dandim 0822/Bondowoso, Perhutani KPH Bondowoso, Pemkab Bondowoso dan Forum Reboisasi.

Kegiatan tersebut dihadiri, Dandim 0822/Bondowoso Letkol Inf. Jadi, Asisten 1 Pemkab Bondowoso, Manager PTPN XII Kalisat-Jampit, Adm. Perhutani KPH Bondowoso diwakili PHBM Perhutani, Kompi 3 Bataliyon B Satbrimobda Polda Jatim, Dan Wa Danyon Inf 514/SY Raider.

Reporter : Muslim

banner 600x310

Pos terkait