Si Jago Merah Jilati Gudang Tali Plastik di Jombang

Pemadam Kebakaran saat memadamkan si jago merah yang melalap Gudang Tali Plastik
Pemadam Kebakaran saat memadamkan si jago merah yang melalap Gudang Tali Plastik
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-JOMBANG- Sekitar pukul 14.30 WIB pada Kamis (17/2/2022), sejumlah warga di Desa Keplaksari, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang geger melihat si jago merah berkobar menjilati gudang produksi tali plastik.

Selain warga sekitar, nampaknya arus lalulintas setempat juga terganggu hingga mengalami kemacetan.

Bacaan Lainnya
banner 1920x1080

Tak selang berapa lama, petugas Pemadam Kebakaran Jombang serta Kepolisian dari Sat Lantas Polres Jombang menuju ke lokasi kejadian.

Sial. Angin berhembus kencang. Karuan saja kian membuat si jago merah membara menjulur julur. Petugas Damkar pun masih sibuk membuka gembok pagar gudang.

Menurut M Sholeh, Koordinator Pos Damkar Jombang Kota, kondisi itu membuat petugas Damkar menyemprotkan air dari luar pagar gudang di tepi jalan raya.

“Iya benar, kami tadi sempat kesulitan untuk memadamkan api. Karena pintu gerbang tadi digembok, lalu kemudian kami bongkar itu dan selanjutnya langsung berusaha memadamkan api di bagian dalam gudang,” ujarnya.

Berita Menarik Lainnya:  Pria Paruh baya Mati Mendadak di Pasar Loak

Terdapat 2 gudang produksi tali plastik di kawasan ini. Yang terbakar, adalah gudang penggilingan di sebelah kiri.

Sholeh memastikan di gudang yang terbakar hanya terdapat tumpukan plastik bekas dan kayu yang berserakan.

“Tidak ada karyawan terjebak dalam gudang saat kebakaran. Meski demikian kita butuh 20 personel untuk memadamkan api dengan tiga unit mobil tangki Damkar,” jelasnya di lokasi.

Tak Ada Korban Jiwa

Sesuai pantauan di lokasi, kebakaran gudang ini cukup memakan waktu untuk pemadaman. Pasalnya api yang berkobar terus membesar akibat dari tiupan angin begitu kencang.

Tak sedikit masyarakat sekitar gudang didera kepanikan, karena takut merembet ke kampung.

Sholeh menegaskan petugas masih konsentrasi memadamkan api. Syukur saat kejadian tidak ads korban luka bakar atau meninggal dunia.

“Karena tadi setelah meninjau ke lokasi, tidak ada satu pun karyawan. Soalnya kabarnya sudah lama gudang ini tak berfungsi, kata pemiliknya tadi. Sementara saat ini petugas masih melakukan pembasahan di lapangan,” imbuhnya.

Berita Menarik Lainnya:  Akibat Hujan Lebat, Desa Lemeu Terendam Banjir

Selain dari petugas Damkar, kepastian tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran yang cukup hebat itu dipastikan oleh Narto (76) pemilik gudang setempat.

Pria yang sudah berusia ini mengakui tempat yang terbakar itu sudah lama tak berpenghuni.

“Sebelum kebakaran tidak ada aktivitas di sini. Karena sudah lama berhenti, ada 5 tahunan. Jadi kondisinya kosong, tidak ada orang sama sekali,” tuturnya.

Lanjut pria asal Kelurahan Mojongapit, Kecamatan/Kabupaten Jombang ini mengatakan bagian yang terbakar adalah ruang produksi tali plastik.

“Tidak ada bahan-bahannya, hanya sisanya saja dan gudangnya yang terbakar. Soal kejadian awak saya tidak tahu, saya tahu itu setelah dikabarkan oleh warga,” katanya.

Pemicu Kebakaran Diselidiki

Kurang lebih 1 jam-an, petugas Damkar memadamkan api. Dengan pakaian safety sejumlah petugas tampak panik saat kobaran api semakin tinggi.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran ini, apakah ada unsur kesengajaan dan karena korsleting listrik. Belum jelas.

Kata Narto, meski kosong tidak ada aktivitas namun listrik di gudang tetap nyala.

Berita Menarik Lainnya:  Sambut Hari Ibu 2020, Polres Tanjung Perak Berikan Kesempatan Warga Binaan Sungkeman Dengan Ibu Kandung

“Kalau listrik ada dan nyala, kalau penyebab pastinya kebakaran ini masih belum tahu,” katanya.

Hal ini senada diungkap M Sholeh dari Koordinasi Pos Damkar Jombang Kota. Dugaan sementara karena korsleting listrik.

“Dugaan sementara listrik ya, alami korsleting listrik. Untuk pastinya masih belum tahu, masih melakukan pembasahan,” tandasnya.

Jalan Keplaksari Macet

Arus lalu lintas di Jalan Raya menjadi macet. Penumpukan kendaraan mengular panjang. Pemicunya para pengendara saat melewati lokasi, berjalan pelan dan berhenti untuk melihat.

Beruntung situasi itu hanya berjalan kurang lebih 15 menit. Setelah Polisi datang, kondisi arus lalulintas beringsut normal.

Satlantas Polres Jombang langsung mengatur arus lalulintas serta memberi ruang agar Damkar leluasa melakukan pemadaman api.

Sesuai pantauan Beritabangsa.com di lokasi, kemacetan terjadi dari kawasan Taman Keplaksari Peterongan Jombang, hingga Puskesmas Peterongan Jombang.

Untuk itu kendaraan besar dari arah timur, dialihkan melewati jalan raya KH Romli Tamim Peterongan Jombang.

Hingga pukul 16.30 WIB api masih membara menjilati gudang. Petugas Damkar terus melakukan pembasahan.

banner 600x310

Pos terkait