Pemkab Bondowoso Siap Optimalisasi Museum Kereta Api

Wabup Irwan saat melakukan rapat koordinasi dengan PT. KAI Daop IX Jember
Keterangan foto : Wabup Irwan saat melakukan rapat koordinasi dengan PT. KAI Daop IX Jember
Silahkan Share ke :

Beritabangsa.com, Bondowoso – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bondowoso akan mengoptimalkan keberadaan Museum Kereta Api sebagai salah satu objek wisata.

Karena itulah, Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat bersama sejumlah kepala dinas terkait menjemput bola dengan mendatangi PT. KAI Daop IX Jember, beberapa waktu lalu.

Bacaan Lainnya
banner 1920x1080

Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat memaparkan, optimalisasi ini rencananya akan dilakukan dengan membangun beberapa sarana prasarana untuk pusat kuliner di sekitar Museum.

Berita Menarik Lainnya:  Soal Anak 8 Tahun yang Hilang Misterius di Jombang, Begini Cerita Keluarga Korban

Tepatnya di sekitar sayap kanan-kiri dari museum yang terletak di Jalan Veteran, Kecamatan Bondowoso itu.

“Kalau hanya museum yang dikunjungi, di sana tak begitu banyak yang minat. Tapi kalau ada pusat kulinernya, kan bisa yang ada (mengunjungi, red) di museumnya kan banyak juga. Itu konsep kerjasamanya,” tuturnya.

Ia menjabarkan, pihaknya sengaja menjemput bola dengan datang kepada PT. KAI mengajak kerjasama atas rencana tersebut.

Berita Menarik Lainnya:  Bupati akan Lantik BMA se-Kecamatan di Kabupaten Lebong

Sehingga, nantinya pusat kuliner itu diisi oleh pelaku UMKM atau pelaku kuliner asal Bondowoso.

“Intinya kerjasama ini jangan sampai yang menikmati bukan orang Bondowoso. Utamanya yang mengisi pusat-pusat kuliner itu,” ujarnya.

Adapun pembangunan museum induknya sendiri, kata politisi PDIP ini, akan dilakukan oleh PT KAI. Namun, karena ada refocusing jadinya rencana pembangunan yang akan dilakukan di tahun 2021. Ditunda akan dilaksanakan tahun berikutnya.

“Makanya ini Pemerintah Daerah juga akan bersurat kepada PT KAI, supaya pembangunannya manjadi skala prioritas di 2022. Supaya dibangun, tapi yang bangun PT. KAI,” ungkapnya.

Berita Menarik Lainnya:  Empat Fraksi DPRD Bondowoso Desak Eksekutif Segera Laksanakan Open Bidding

Sementara itu, Tohari, Pelaksana Harian Manager Humas Daop IX Jember, menerangkan, menyambut baik rencana Pemkab Bondowoso yang akan mengelola kanan-kiru museum sebagai pusat kuliner.

Terlebih, pihaknya memang akan melakukan revitalisasi atau peremajaan Museum. Namun, karena terbentur oleh pandemi Covid-19. Maka revitalisasinya sendiri ditunda.

“Dari pihak PT KAI artinya mendukung, monggo dipersilahkan. Dan silahkan untuk melakukan pengajuan ke PT. KAI. Sehingga bisa disampaikan ke PT. KAI pusat. Jadi, pengajuan tersebut berupa pengajuan kontrak,” pungkasnya.

banner 600x310

Pos terkait