Pemkab Bondowoso Siap Gaungkan Kembali Republik Kopi

Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bahtiar Rahmat
Keterangan foto : Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bahtiar Rahmat
Silahkan Share ke :

Beritabangsa.com, Bondowoso – Setelah sekitar lebih dari dua tahun BRK (Bondowoso Republik Kopi) tak mendapatkan perhatian. Kini Pemkab Bondowoso berencana akan menggaungkan kembali branding tersebut.

Tentu BRK bukan hanya sekedar nama, tetapi harus dibarengi dengan kegiatan untuk menggeliatkan kembali perkopian. Terutama pembinaan kepada petani kopi.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Tempat Oplosan Elpiji di Jombang, Begini Kata Polisi dan Warga Sekitar
banner 1024x1366

Seperti diketahui, Bondowoso merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Secara geografis, 48 persen areanya adalah perbukitan yang ketinggiannya 500 hingga di atas 1000 mdpl (Meter di atas Permukaan Laut).

Saat ini lahan kebun kopi di Bondowoso mencapai 13.649 hektar. Tersebar di dua kawasan. Yakni kawasan lereng Ijen Raung yang berbatasan dengan Banyuwangi dan Situbondo. Serta area barat di Lereng Argopuro yang berbatasan dengan Jember dan Probolinggo.

Berita Menarik Lainnya:  Meriahkan HUT RI Ke-76, Wabup Bondowoso Imbau Masyarakat Pasang Merah Putih Selama Agustus

Adapun rencana untuk menghidupkan kembali BRK diucapkan langsung oleh Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rachmat. Menurutnya, branding BRK sangat pas untuk mengorbitkan nama daerah.

“Intinya BRK memang sangat bagus untuk mengenalkan Kabupaten Bondowoso. Baik di nasional maupun internasional,” katanya.

Langkah awal yang akan dilakukan kata dia, yakni merumuskan kembali konsep BRK. Tujuannya untuk meningkatkan kembali produksi di dua area perkebunan kopi.

Berita Menarik Lainnya:  5 Maskot Porprov VII Resmi Diluncurkan

Yakni Ijen Raung yang meliputi Sumberwringin, Kecamatan Ijen dan sekitarnya. Termasuk di lereng Hyang Argopuro yang meliputi Kecamatan Pakem, Maesan dan Curahdami

“Jadi ada dua kawasan Ijen Raung yang sudah memiliki IG Klaster Kopi Arabica Java Ijen Raung. Hyang Argopuro kita akan bumikan mulai Kupang, Andungsari, Kecamatan Pakem dan Kecamatan Maesan. Tentu tidak mengesampingkan Bondowoso Kota Tape,” jelasnya.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280