Pelatihan Capacity Building Genjot Kemajuan Bumdes

Supardi AS Mallarangang SE. MM, sebagai Narasumber dalam Pelatihan Capacity Building dan juga pengurus Bumdes | Foto: Zulkifli
Supardi AS Mallarangang SE. MM, sebagai Narasumber dalam Pelatihan Capacity Building dan juga pengurus Bumdes | Foto: Zulkifli
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-JENEPONTO – Pelatihan Capacity Building (membangun kapasitas dan kemampuan) sumber daya manusia (SDM) pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) region khusus Kecamatan Arungkeke, Kabupaten Jeneponto, dihelat di Hotel Grand Imawan, Makassar, Rabu(22/12/2021).

Ads

Supardi AS Mallarangang, SE, MM, Kepala Bidang Ekonomi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Pemerintah Kabupaten Jeneponto, selaku narasumber menjelaskan bahwa pelatihan kali ini untuk mendorong kemajuan BUMDES yang ada di Kabupaten Jeneponto.

Bacaan Lainnya

Hal itu sejalan dengan Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2021, Permendes nomor 3 tahun 2021, Permendes nomor 7 tahun 2021 dan Permendes nomor 15 tentang BUMDes, termasuk yang melatar belakangi pengelola operasional.

Sehingga sumber daya manusia harus ditingkatkan melalui Capacity Building untuk memajukan ekonomi BUMDes sebagai sukoguru ekonomi desa.

Pertashop untuk masyarakat desa | Foto: Zulkifli
Pertashop untuk masyarakat desa | Foto: Zulkifli

“Insya Allah pelaksanaan akan dilanjutkan kepada semua pengelola BUMDES di 11 Kecamatan se- Kabupaten Jeneponto,” jelasnya.

Kata Supardi, BUMDES di Jeneponto semakin maju dan berkembang. Ada berbagai inovasi Desa terkait peningkatan ekonomi terus digiatkan oleh pengurus BUMDES di desa – desa, salah satunya hadirnya PERTASHOP, program pemerintah pusat bekerjasama dengan PT. Pertamina.

Di Kabupaten Jeneponto sendiri telah dibangun 3 titik PERTASHOP yakni di Desa Datara Kecamatan Bontoramba, di Desa Kaluku Kecamatan Batang dan Desa Tompo Bulu Kecamatan Rumbia. Semuanya dikelola BUMDES.

Pos terkait

banner 768x1152