Menumbuhkan Semangat Nasionalis Ala Santri Nurul Huda Pule

Silahkan Share ke :

Beritabangsa.com, Trenggalek – Bulan Agustus adalah bulan kemerdekaan Republik Indonesia. Semangat juang kemerdekaan dirasakan oleh masyarakat seluruh negeri, salah satunyao Santri Madrasah Diniyah (Madin) Nurul Huda, Desa Pule, Kabupaten Trenggalek. Sebuah pedesaan yang berada di atas pegunungan.

Madin Nurul Huda Desa Pule merayakan kemerdekaan dengan menggelar berbagai lomba, dengan tema “Menumbuhkan Semangat Nasionalisme Santri, Demi Meneruskan Perjuangan Pejuang NKRI”. Selasa, (23/8/21)

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Wawali Kota Pasuruan Kukuhkan Anggota Pasuruan Inspiratif
banner 1920x1080

“Sekalipun Bulan Agustus mau berakhir, akan tetapi semangat kemerdekaan dan kecintaan kepada tanah air tidak boleh berakhir. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat nasionalisme kepada santri untuk tidak melupakan sejarah. Karena peran santri dan kyai cukup berperan penting dalam merebut kemerdekaan,” ungkap Ustad Basori selaku Ketua Panitia kegiatan lomba.

Berita Menarik Lainnya:  Gelar Vaksinasi se-Indonesia, Kapolri Minta Wilayah Berpacu Kejar Target 70 Persen

Ustad Basori menambahkan, selain kegiatan ini digelar sebagai bentuk memeriahkan kemerdekaan, tetapi juga untuk menciptakan bahagia dan kegembiraan untuk anak-anak, mengingat di masa Covid-19 ini anak-anak hanya disibukkan dengan gadget dan tugas sekolah yang dilakukan secara daring.

Adapun lomba yang digelar yaitu, membaca kitab kuning, menyanyi lagu Indonesia Raya dan Yalal Wathon, tartil Al Qur’an, hafalan doa-doa, kuis kebangsaan, dan tak lupa lomba tradisional seperti makan kerupuk.

Berita Menarik Lainnya:  Resmikan Kantor LPTQ, Bupati Bondowoso Berharap Ini

Madin Nurul Huda di bawah asuhan Ustad Yakup, ternyata pada tanggal 17 Agustus 2021 juga menggelar Upacara Kemerdekaan ala santri dan menarik warga desa untuk bergabung atau sekedar menonton. Dan pagelaran lomba ini adalah penutupnya.

“Semangat nasionalisme harus kita ajarkan sejak dini, karena merekalah penerus bangsa. Sebagai seorang santri, jangan lupa jas merah, bahwa negara dan agama berjalan beriringan,” tegasnya.

banner 600x310